Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dan Tidak Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fisika

  • Karisma Anggi Sofiana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini : Mengetahui perbedaan hasil belajar melalui model pembelajaran direct instruction dan pembelajaran tidak langsung, Mengetahui kemampuan atau tingkat kepahaman siswa dari kedua model pembelajaran terhadap materi fisika, Meningkatkan standart kualitas salah satu model belajar yang dinilai kurang efektif yang mungkin menjadikan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka, dimana data penelitian diperoleh dari beberapa jurnal yang mengungkapkan tentang pembalajaran langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembalajaran langsung lebih baik atau lebih efektif untuk diterapkan dibandingkan pembelajaran online, karena dapat membuat siswa lebih aktif dalam memahami konsep fisika, sehingga siswa lebih termotivasi dan tertarik untuk belajar fisika serta tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Sedangkan pembalajaran tidak langsung sering dipandang kurang kondusif karena guru kesulitan mentransfer materi pelajaran, peserta didik kesulitan dalam memahami materi khususnya tentang perhitungan, kemudian jaringan internet yang kurang bagus. Berhubung sekarang masih dlam kondisi pandemi maka guru IPA fisika harus berusaha memberikan materi secara bertahap dengan bahasa yang sederhana dan mudah diapahami.


 

References

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.
Fadilah, Z., & Lubis, P. (2017, October). Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Sel Surya Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis pada Kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 56-61).
Hardianti, D., & Syamsu, S. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa untuk Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Model Pembelajaran Langsung pada Kelas X SMA Negeri 7 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 6-9.
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.
NH, M. I. S., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 49-60.
Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan pemahaman siswa pada konsep listrik melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX SMPN 43 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 77-89.
Nurlela, N., Djudin, T., & Hamdani, H. PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN PESERA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9).
Safitri, D. A., Prastowo, S. H. B., & Sulistyowati, E. (2019). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DI SMAN 4 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 141-145.
Saregar, a. (2016). Efektifitas pembelajaran fisika dengan model learning cycle dan model contextual teaching learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Karya Pinggawa Krui Pesisir Barat.Mathematic, Science, and Education National Conference (MSENCo) (pp. 49-54). Bandar Lampung: FTK IAIN Raden Intan Lampung.
Sijabat, A., Sianipar, H. F., & Siahaan, T. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Uhkbpnp Pada Matakuliah Fisika Umum. In Proceeding National Conference: Education, Social, Science, and Humaniora (Vol. 2, No. 1, pp. 84-88).
Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
Wahyuningsih, D., Indrawati, I., & Wahyuni, S. (2021). Motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika siswa SMK dalam pembelajaran menggunakan model experiential learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 70-76.
Published
2021-10-25
How to Cite
SOFIANA, Karisma Anggi. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dan Tidak Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fisika. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-15, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/295>. Date accessed: 03 july 2024.