Study Eksplorasi: Praktikum DDR Sebagai Bentuk Adaptasi Kebiasaan Baru Masa Pandemi Covid-19

  • Nur Fatimatus Zahro IAIN Ponorogo
  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini berlaku untuk jenis pembelajaran teori maupun praktikum. Perubahan strategi yang mendadak menyebabkan adanya polemik baru dalam dunia pendidikan, salah satunya pada pelaksanaan praktikum yang seharusnya dilakukan dilaboratorium dengan alat dan bahan yang memadai menjadi tidak dapat dilakukan sesuai standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan proses mata kuliah praktikum di masa pandemi covid-19. Selain itu juga untuk mengetahui bentuk penugasan mata kuliah, kendala, dan tingkat efektivitas praktikum yang dilakukan dari rumah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan responden 60 mahasiswa dari 5 universitas di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan dan diisi secara online. Hasil dari penelitian adalah kegiatan pembelajaran praktikum mayoritas tetap dilaksanakan dengan alat dan bahan yang lebih sederhana yang tersedia di rumah dengan modul praktikum yang disesuaikan. Bentuk praktikum yang paling banyak dilaksanakan adalah pengalihan tugas melalui pembuatan video, sedang bentuk yang paling diminati adalah eksperimen sederhana. Mata kuliah praktikum yang dilakukan secara daring ini menimbulkan ketidak fahaman terhadap materi atau keterkaitan konsep dengan praktikum sederhana yang dilakukan. Penjelasan dosen yang dirasa paling baik adalah pemberian modul dengan penjelasan ulang secara rinci yang dilakukan oleh dosen ketika di laboratorium dan ini tidak didapatkan ketika praktikum dilakukan dari rumah. Mayoritas responden memberikan jawaban kurang efektif atas keterlaksanaan praktikum di masa pandemi covid-19 ini.

References

Al-Bari A & Romadhiyana K.S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Education FKIP UNMA. 6 (2) 676-683.
Anggi Setiyaningsih dkk. (2021). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Fisika Saat Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper Mahasiswa “Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental dalam Penyelesaian Pandemi Covid 19: Tinjauan Multidisipliner” Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang - 10 April 2021
Asminah, Dwi Retna. (2021). Tantangan Praktikum Fisika Dalam PJJ Di Masa Pandemi. Diakses dari https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2021/03/08/tantangan-praktikum-fisika-dalam-pjj-di-masa-pandemi/
Halawa M. V. B. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Platform Media Sosial dalam Pembelajaran Praktikum Secara Daring. Attractve: innovation Educatian Journal. 3 (1) 52-64.
Hikmar, dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah survey Online. Diunduh dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/1/FISIP%2520Kelompok%25207
Lede Y. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika STKIP Weetebula. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembeljarannya. 6 (2) 175-182.
Maulana H.T & Muhammad H. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 8 (2) 224-231.
Narmaditya B, dkk. (2021). Peningkatan inovasi pembelajaran Melalui Pengembangan Konten Pembelajaran Daring. Jurnal Karinov. 4 (1). Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/17034
Sholikah T, dkk. (2020). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning. 1 (2) 67-75.
Silawati, T (2006). Microscience Experience: Sebuah Alternatif Praktikum Bagi Mahasiswa Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 7 (2), 113- 120.
Saraswati, N. L. P. A & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 14 (2), 144-161.
Setyanigrum R, Sariyono, Ashari (2013).Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negri kabupaten Purworejo. 3(1) 83-86
Published
2021-10-25
How to Cite
ZAHRO, Nur Fatimatus; PERTIWI, Faninda Novika. Study Eksplorasi: Praktikum DDR Sebagai Bentuk Adaptasi Kebiasaan Baru Masa Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 70-77, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/186>. Date accessed: 26 apr. 2024.