Pendekatan Saintifik Berbantuan Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian

  • Lubabah Umil Fadhl IAIN PONOROGO
  • Ulum Fatmahanik IAIN PONOROGO
  • Arian Nararida Damayanti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika pada materi perkalian dikarenakan proses pembelajaran belum mengoptimalkan penggunaan media dalam memahami konsep perkalian serta kurangnya memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan pendekatan saintifik ini dapat memberikan kesempatan siswa berpartisipasi dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta dapat membangun siswa yang berfikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian (PTK) yang dilakukan oleh guru atau peneliti yang dilakukan didalam kelas dengan menggunakan beberapa tindakan agar dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian pada siswa kelas 2 MI Ma’arif Patihan Wetan.

References

1. Ardaya, D. A. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA SISWA SEKOLAH DASAR. 1(1), 12.
2. Fatmahanik, U. (2016). Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.5
3. Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BERGAMBAR PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
4. Marjan, J., & Arnyana, I. B. P. (2014). Johari Marjan (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. 4, 12.
5. Nurafiyah, N. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dengan Benda-Benda Manipulatif Melalui Pendekata Realistik di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Pondok Aren 04 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Sosial Sains, 1(9). https://doi.org/10.36418/sosains.v1i9.214
6. Rochiati Wiraatmadja. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen). Remaja Rosdakarya.
7. Tetiwar, J., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Peer Tutoring untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 302–308. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p302-308
8. Wahyuningtyas, D. T., & Ladamay, I. (n.d.). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA WAYANGMATIKA. 10.
9. Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10778
10. Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
11. Yeni, E. M. (2011). PEMANFAATAN BENDA-BENDA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DAN KEMAMPUAN TILIKAN RUANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. 1, 13.
Published
2022-12-28
How to Cite
FADHL, Lubabah Umil; FATMAHANIK, Ulum; DAMAYANTI, Arian Nararida. Pendekatan Saintifik Berbantuan Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 300-309, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/833>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles