Analisis Kemampuan Presentasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Pewarisan Sifat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan presentasi pada peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi pewarisan sifat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 peserta didik di salah satu SMP Swasta di Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan presentasi peserta didik sebesar 49,7 yang berarti dari data tersebut kita ketahui bahwa kemampuan presentasi peserta didik masih rendah. Hal ini dikarenakan skor tersebut kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM). Sehingga perlu adanya solusi untuk meningkatkan kemampuan presentasi peserta didik pada pembelajaran IPA khususnya pada materi pewarisan sifat. Hasil penelitian ini menjadi rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya guna meningkatkan kemampuan presentasi peserta didik pada pembelajaran IPA.
References
Hayaturraiyan. 2019. “Upaya Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Sains Di SD Negeri Demangan Yogyakarta” 3 (1): 59–77.
Informasi, Literasi, D A N Literasi, Sains Pada, Siswa Kelas, and X I Sman. 2021. “Online : Https://ojs.unm.ac.id/nalar PENGARUH CHALLENGE BASED LEARNING ( CBL ) TERHADAP KEMAMPUAN LITERACY AND SCIENCE LITERACY IN CLASS XI STUDENTS OF SMAN 9” 9: 114–20. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.25052.
Rohmah, Ulfa Nadiyatur, Yoyo Zakaria Ansori, and Dede Salim Nahdi. 2019. “PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR,” 471–78.
Semaranatha, I M, I B P Mardana, and N K Rapi. 2016. “TINDAK GURU FISIKA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SAWAN” 10 (April): 49–59.
Yuliati, Yuyu, and Dudu Suhandi Saputra. 2019. “Urgensi Pendidikan STEM Terhadap Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru” 2 (1). https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2420.