Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII MTs N 6 Ponorogo

  • Astrida Bela Priandini IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
  • Ahmad Zubaidi IAIN Ponorogo
  • Ju'subaidi Ju'subaidi IAIN Ponorogo

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menuntut peserta didik harus memiliki keterampilan belajar dan mampu berinovasi dalam menggunakan teknologi dan media informasi yang dapat digunakan untuk memiliki keterampilan guna sebagai bekal kehidupan yang akan datang. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh hasil tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini sebagai salah satu langkah awal untuk mengetahui tingkat keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki oleh peserta didik salah satunya yaitu kemampuan kolaborasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif melalui survey dengan desain penelitian cross sectional survey dengan sampel peserta didik kelas VIII E MTsN 6 Ponorogo yang dipilih secara probability sampling yaitu random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VII E dengan jumlah siswa 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik diperoleh 55, yang berarti tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik masuk pada kategori rendah. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya guna meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPA

References

Ding, Ning, and Egbert G. Harskamp. 2011. “Collaboration and Peer Tutoring in Chemistry Laboratory Education.” International Journal of Science Education 33 (6): 839–63. https://doi.org/10.1080/09500693.2010.498842.
Gede Swiyadnya, I Made, I Made Citra Wibawa, and I Kade Agus Sudiandika. 2021. “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA.” MIMBAR PGSD Undiksha 9 (2): 203. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111.
K.Saeful Akbar. 2022. “Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa Kelas Vii Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw.” Jurnal PAKAR GURU 2 (2): 189–95. https://ejournal-leader.com/index.php/pakar.
Maiturrohmah, and Wirawan Fadly. 2020. “Integrative Science Education and Teaching Activity Journal Looking at a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance ( 21st Century Skills Study ).” Jurnal IAIN Ponorogo I (1): 17–33.
Masruroh, Lailatul, and Syaiful Arif. 2021. “Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi.” http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii.
Nur, Alvy, Latifah Sari, and Munkhmaral Tumennasan. 2020. “Comparative Skills to Communicate Science Students Using Group Investigation Learning Model Genuine Object and Non Genuine Objects in Science Subject Article Info ABSTRACT.” https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta.
Rizkia, Anisa, Qurrotul Anfa, Huyteang Meng, Sekolah Tinggi Keguruan, and Ilmu Pendidikan. 2021. “Meta-Analysis of Various Collaborative Learning Background in Natural Science Teaching and Learning Process Article Info ABSTRACT.” https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta.
Vita Nurmayasari, Khilma, Yuni Pantiwati, Sri Wahyuni, Rr Eko Susetyarini, Iin Hindun, and Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. n.d. “STUDI KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBUATAN HERBARIUM MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP.”
Published
2022-12-28
How to Cite
PRIANDINI, Astrida Bela et al. Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII MTs N 6 Ponorogo. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 181-189, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/767>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles