Efektivitas Penggunaan Media Website pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Untuk SMP Kelas VIII
Abstract
Berawal dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online menjadikan peserta didik maupun pendidik harus mampu beradaptasi dengan teknologi. Terdapat berbagai macam permasalahan dalam pembelajaran online seperti peserta didik tidak bisa fokus belajar dan rendahnya pemahaman konsep materi yang diajarkan oleh pendidik. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. Salah satu alternatifnya melalui penggunaan media pembelajaran berbasis website. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran materi usaha dan pesawat sederhana berbasis website terhadap peserta didik jenjang SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan uji coba dan pengisian angket yang dibagikan kepada beberapa peserta didik kelas VIII dari berbagai Sekolah Menengah Pertama di wilayah Ponorogo. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan media pembelajaran website usaha dan pesawat sederhana dapat digunakan secara efektif oleh siswa kelas VIII dari berbagai Sekolah Menengah Pertama di wilayah Ponorogo. Terbukti dengan adanya media pembelajaran website usaha dan pesawat sederhana peserta didik dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sehingga materi mudah dipahami oleh peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website dalam proses pembelajaran usaha dan pesawat sederhana terhadap peserta didik jenjang SMP kelas VIII efektif untuk digunakan.
References
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahman, Syaiful., Munawar, Wahid., & Berman, Ega T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Proses Pembelajaran Prodktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1 (1), 137-145.
Subiantoro, A. W. (2010). Pentingnya praktikum dalam pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 7(5).
Susanti, Weni Dwi., & Suripah. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 73-83.
Trinova, Zulfa. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, 1 (3), 209-215.
Wikara, Bertha., Sutarno., Suratno., & Sajidan. (2020). Efek Pembelajaran yang Menyenangkan (Fun Learning) Terhadap Kemampuan Memori: Sebuah Kajian Teoritis. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6 (2), 192-196
Yudianto, Arif. (2017). Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi.