Pengembangan Smart Modul IPA Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Perubahan Iklim untuk Siswa Kelas VII SMP

  • Viki Afifah Almualimah IAIN Ponorogo
  • Sayyidah Ni'ma Maulidah IAIN Ponorogo
  • Nurfitasari Nurfitasari IAIN Ponorogo

Abstract

Pembangunan berkelanjutan (Sustainable development) merupakan agenda dunia yang bertujuan menyejahterakan masyarakat dunia. Di dalam SDGs terdapa 17 tujuan yang salah satunya mengenai penanganan perubahan iklim (Climate action). Salah satu strategi efektif dalam mewujudkan SDGs  yaitu  melalui pendidikan yang disebut Education for Sustainable Development (ESD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Pengembangan sumber belajar berbasis ESD ini dilakukan dengan metode penelitian R&D model 3D yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop). Sumber belajar yang dihasilkan berupa modul pembelajaran mengenai masalah perubahan iklim dengan mengkolaborasikan perspektif ESD yang mencakup sosial budaya, lingkungan, dan ekonomi dengan konsep ESD yang terdiri dari Envisioning, critical thinking, participation in decision, partnership, dan terakhir systemic thinking. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli terhadap modul pembelajaran ESD dan angket uji coba modul. Teknik analisis data terdiri dari analisis konten dan isi, analisis tampilan, analisis bahasa, analisis penyajian dan analisis pendekatan ESD.  Persentase hasil uji kelayakan media pembelajaran modul berbasis ESD oleh ahli media dan ahli materi dihasilkan rata-rata 90,27% dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis ESD yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk peserta didik

References

Nursofa, Risma,Dan Ghullam Hamdu. (2021). Analisis Ketersediaan Dan Gambaran Media Pembelajaran Isu Perubahan Iklim Berbasis Esd Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education. 4(5). 660-664. Https://Www.Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Collase/Article/View/7799
Amyyana, Afwu Hayyi, Maria Paristiowati , Dan Fera Kurniadewi. (2017). Pirolisis Sederhana Limbah Plastik Dan Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Education For Sustainable Development (Esd) Pada Pembelajaran Kimia. Jrpk: Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 7(1). 14-21. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jrpk/Article/View/3093/2491
Novidsa, I., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2020). Exploring Knowledge Of Prospective Biology Teacher About Education For Sustainable Development. Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 317–326. Https://Doi.Org/10.22219/Jpbi.V6i2.12212
Wilujeng, I., Dwandaru, W. S. B., & Rauf, R. A. B. A. (2019). The Effectiveness Of Education For Environmental Sustainable Development To Enhance Environmental Literacy In Science Education: A Case Study Of Hydropower. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 8(4), 521–528. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V8i4.19948
Yuliani, S., & Hartanto, D. (2019). Quality Education For Sustainable Development In Indonesia. In N. Kaur & M. Ahmad (Eds.), Charting A Sustainable Future Of Asean In Business And Social Sciences (Pp. 145–155). Springer. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-15-3859-9_18
Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education For Sustainable Development Pada Konsep Ekologi Untuk Siswa Kelas X Sma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 1. Https://Doi.Org/10.24036/Jep/Vol3-Iss1/273
Unesco. (2017). Education For Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Education For Sustainable Development. The Global Education 2030 Agenda. Http://Www.Unesco.Org/Openaccess/Terms-%0ahttp://Www.Unesco.Org/Open-Access/Terms-Use-Ccbysa-En
Purnamasari, Shinta Dan Aldila Nurrul Hanifah. (2021). Education For Sustainable Development (Esd) Dalam Pembelajaran Ipa. Jkpi: Jurnal Kajian Pendidikan Ipa. 1(2). 69-75. Https://Journal.Uniga.Ac.Id/Index.Php/Jkpi/Article/View/1281
Eilks, I. (2015). Science Education And Education For Sustainable Development - Justifications, Models, Practices And Perspectives. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 11(1), 149–158. Https://Doi.Org/10.12973/Eurasia.2015.1313a
Lasmiyati, Idris Hata. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (2), (161-174). https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9077
N.L.P.W.Pratiwi, dkk. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Education For Sustainable Development Menggunakan Flip PDF Professional Pada Muatan Pelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 11 (2). https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/download/661/391
Published
2022-12-28
How to Cite
ALMUALIMAH, Viki Afifah; MAULIDAH, Sayyidah Ni'ma; NURFITASARI, Nurfitasari. Pengembangan Smart Modul IPA Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Perubahan Iklim untuk Siswa Kelas VII SMP. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 113-124, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/743>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles