Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Bulletin Berbasis Sosio-Scientific issues materi Rotasi dan Revolusi

  • Puji Nurmiati IAIN Ponorogo
  • Taufik Setiawan IAIN Ponorogo
  • Salma Putri Tsaniyah IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi minimnya bahan ajar yang inovatif dan kreatif yang selama ini terpaku pada modul ajar. Output yang di hasilkan dari penelitian ini berupa bahan ajar dalam bentuk bulletin. Dalam bulletin ini peneliti mengangkat tema Rotasi dan Revolusi Bumi serta Bulan. Peniliti mengangkat tema ini karena rotasi dan revolusi bumi sarta bulan menarik untuk dipelajari terlebih isu-isu yang ada pada tema tersebut juga beragam. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru menyampaikan materi serta menarik minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan desain 3D yang dilaksanakan melalui 3 tahap, (1) desain, (2) define, (3) development. Pengujin produk dilakukan melalui uji ahli yaitu kepada dosen media pembelajaran dan dosen ke-IPA an. Hasil uji ahli bulletin dalam bentuk majalah diperoleh dari skor seluruh komponen media pembelajaran majalah yaitu 2,85 interval skor 2,51-X-3,25 dan keefektifan dengan presentase 91,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bulletin majalah yang dihasilkan mendapatkan kriteria baik (valid) dan cocok di gunakan dalam pengajaran system rotasi dan revolusi bumi dan bulan tingkat Smp sederajat

References

Sadiman, Arief S, R Raharjo, Anung Haryono dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhari A dan Silvia H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Vol 5, No 1. Hal 1-13.
Dewi N A dan Warso A. (2014). Pengembangan Majalah Green Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA SMA. JUPEMASI-PBIO. Vol 1, No 1. Hal 155-157.
Setyono, Yulian Adi dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. (Unpublished). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS, Surakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Herlianti, P. S., Linuwih, S., & Dwijananti, P. (2015). Independent Learning Strategy Of Natural Science With “One Day One Diary For Science” Program. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 148-155. doi:10.15294/jpfi .v11i2.4255
Asyhari A, Silvia H. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2016;5(1):1–13. doi:10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Utami RA. Pengembangan media pembelajaran berbentuk buletin pada pokok bahasan usaha dan energi di sma kelas x. Published online 2021.
Fatimah, Siti. “Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Dan Buletin Berbasis Masalah Di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa”, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Vol 4 No 1. Salatiga: Universitas Sebelas Maret, 2013
Retno, Ardina T.P, Sulistyos Saputro, dan Budi Utami “Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku saku Berbasis Hirarki Konsep Untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam”. Jurnal Pendidikan Kimia Vol 4, No 2, 2015. Universitas Sebelas Maret
Published
2022-12-28
How to Cite
NURMIATI, Puji; SETIAWAN, Taufik; TSANIYAH, Salma Putri. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Bulletin Berbasis Sosio-Scientific issues materi Rotasi dan Revolusi. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 221-229, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/742>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles