Pengaplikasian POPKRON (Pop Up Book Prinsip Kerja Alat Optik dan Proses Penglihatan) Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP/MTs
Abstract
Urgensi media pembelajaran dalam kurikulum saat ini sangat diperlukan sebagai pendukung materi yang akan memberi kemudahan pada peserta didik. Pop-Up Book merupakan media pembelajaran yang disajikan berupa gambar dan ringkasan materi untuk membangun minat belajar peserta didik di dalam kelas. Pop-Up Book juga harus disajikan semenarik mungkin agar siswa dapat memahami tentang materi yang akan disampaikan oleh guru. Pop-Up Book sering kali digunakan sebagai media pembelajaran inovatif di sekolah karena dinilai efektif bagi siswa dalam mempelajari materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan dalam bentuk Pop-Up Book mengenai materi yang dijelaskan yaitu alat-alat optik, proses penglihatan manusia dan gangguan penglihatan pada mata manusia. penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan dalam bentuk Pop-Up Book mengenai materi yang dijelaskan yaitu alat-alat optik, proses penglihatan manusia dan gangguan penglihatan pada mata manusia.. Metode Research and development diterapkan melalui media pembelajaran pop up book karena metode ini menggunakan teknik wawancara dan kuesioner .Pop-Up Book memiliki tingkat keefektifan sebesar 3,62 (sangat baik) yang berarti layak digunakan dalam pembelajaran agar bisa memenuhi kriteria atau kualitas yang baik bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran, maka Pop-Up Book dapat digunakan dalam media pembelajaran IPA Terpadu materi alat-alat optik, proses penglihatan manusia, dan gangguan penglihatan pada mata (hipermiopi) terhadap siswa SMP/MTS kelas VIII.
References
Halisah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Guna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi ditingkat SMA/MA. Tersedia di ( http://repository.radenintan.ac.id/4894). [20 Mei 2020]
Haryanti. A. (2017). Keefektifan Media Pop-Up Book pada Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri digugus Diponegoro Karangayung Grobogan. Tersedia di ( https://lib.unnes.ac.id/31248/1/14014). [20 juli 2020]
Mahayani, S,. Irwandani., Yuberti., & Widyanti. (2018). Kotak Pop-Up Book Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Cahaya dan Alat-Alat Optik Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2): 98-108.
Nailiyah, R.M., Subiki, & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Modul IPA Tematik Berbasis Etnosains Kabupaten Jember pada Tema Budidaya Tanaman Tembakau di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (3): 261-269
Prayogo, S. Y., Anita., & Sari, I. N. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JSPA). 5 (1): 34-43.
Setyanigrum, R,. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang.
Sudjana, N., & Rivai, A. 2015. Media Pembelajaran : buku yang akan memudahkan guru dalam memilih, merancang, dan menggunakan media pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.