Inovasi Pembelajaran Berbasis Scan Barcode Buku Saku IPA “KUSAPA YA”
Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran IPA pada materi sistem tata surya sangat diperlukan. Karena materi tersebut bersifat abstrak yang tidak dapat dilihat secara langsung tanpa menggunakan alat bantu. Oleh karena itu media Buku Saku IPA Sistem Tata Surya berbasis barcode yang disingkat dengan "KUSAPA YA" dibuat agar dapat mengkonkretkan yang abstrak dan mengatasi keterbatasan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dari buku saku dalam memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran, yang berdasarkan penilaian oleh ahli pembelajaran dan ahli media, mengetahui kepraktisan pengembangan media dan peserta didik terhadap media buku saku yang telah dibuat. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli materi dan media, serta peserta didik jenjang SMP/MTS. Hasil penilaian validasi oleh ahli pembelajaran dan ahli media, serta peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran buku saku ini baik dan dapat mempengaruhi minat baca peserta didik.
References
Bahasa., T. P. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2008.
Kustandi, C. &. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan.
Yuniarti, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar .