Validitas Modul Mekanisme Pembentukan Urine Berbasis Keterampilan Berfikir Kreatif di Tingkat SMP/MTS

  • Siti Nur Arfiah IAIN PONOROGO
  • Sefia Dwi Charisma IAIN PONOROGO
  • Widra Dwi Anggraini IAIN PONOROGO
  • Aziza Karenina . IAIN PONOROGO
  • Moh. Munir

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik sesuai dengan tingkat pengetahuan dan usianya, agar mereka dapat belajar secara mandiri dalam artian tanpa bantuan atau bimbingan dari guru. Namun kenyataan di lapangan masih banyak modul yang didalamnya terdapat kekurangan diataranya belum berisi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Berfikir kreatif merupakan proses berpikir yang mampu memberikan ide atau gagasan yang berbeda kemudian dapat menjadi pengetahuan baru dan jawaban yang dibutuhkan dalam memecahkan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Modul Mekanisme Pembentukan Urin Berbasis Keterampilan Berfikir Kreatif sebagai sumber pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan survey melalui instrumen validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Mekanisme Pembentukan Urin berbasis keterampilan berfikir kreatif sangat valid digunakan sebagai sumber pembelajaran. Persentase tertinggi adalah ahli desain modul 100% dan ahli pengembangan soal kognitif 96,87% sedangkan terendah adalah ahli pengembangan modul 91,67% dan ahli materi 80%. Modul layak dilanjutkan setelah dilakukan revisi dari saran validator.

References

Ayriza, Yulia. (2008). Penyusunan dan Validasi Modul Social Life Skill Bagi Pendidik Anak-Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(12), 214-231.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penulisan modul. 27 hlm. Direktorat Tenaga Kependidikan.
Himawan, Rismanda. 2020. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Keterampilan Abad 21 sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Genre, 2(1), 17-21.
Irman, S., & ., W. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 260-269. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26156
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 25-32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32
Lestari, fajar, & Andriani, D. G. (2019). Validasi Modul Berbasis Literasi pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 36-42. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12854
Mardiani, Evi., Siti, R. N. (2015). Penyusunan Modul Pembelajaran Jaringan Tumbuhan Berbasis Hakikat Sains. Biodidaktika, 10 (2), 1-5.
Mawartiningsih, L., & sumirah, sumirah. (2021). Uji Validitas Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan untuk Siswa SMP Kelas VII. Prosiding SNasPPM, 5(2), 271-274.
Maymunah, Ana. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya untuk Kelas IV di SD Negeri 01 Budi Lestari Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.
Muljono, P. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BNSP 2 (1): 14 – 23.
Nesri, Fabiana, D. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Cetak dan Elektronik Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirini Muntilan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Pradita, Vivi. (2018). Pengembangan Media Multimedia Interaktif Terkait Peredaran Darah Manusia untu Kelas V SD. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah.
Rhedana, Wayan. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.
Riduwan, Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Salam, A S, Sudirman, Husniati. (2022). Standar Isi, Bahasa Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” dan Penyajian Buku Tematik Terbitan Mediatama Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” dan Tema 5 “Pahlawanku” Seri HOTS Kelad IV Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 829-832.
Sari, Airin Kumala dan Winda Trisnawati. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4 (2).
Sari, Ruli Novita. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar Islam Babadan Wlingi Blitar. Skripsi Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Trisnaa, S., & Rahmi, A. (2016). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 9 - 14. https://doi.org/10.21009/1.02102
UU RI No. 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3
Published
2022-12-28
How to Cite
ARFIAH, Siti Nur et al. Validitas Modul Mekanisme Pembentukan Urine Berbasis Keterampilan Berfikir Kreatif di Tingkat SMP/MTS. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 173-180, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/732>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles