Validitas Modul Organ Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs

  • Fairul Zabadi IAIN PONOROGO
  • Novi Diya Rahmawati IAIN PONOROGO
  • Putri Ana Sari
  • Aziza Karenina
  • Moch Miftachul Choiri

Abstract

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. PenelitianĀ  merupakan hasil analisis validitas modul Organ Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs. Prosedur penelitian dimulai dari mengembangkan Modul Organ Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs yang kemudian di validasi oleh ahli materi, ahli pengembangan dan soal kognitif, dan ahli desain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) secara umum hasil validasi mendapatkan kriteria baik/sangat baik; 2) persentase hasil validasi tertinggi adalah ahli pengembangan dan soal kognitif 84%, ahli desain 82%, sedangkan persentase terendah adalah ahli materi 80%; 3) modul Organ Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Hasil validasi pada modul pembelajaran iniĀ  dinyatakan layak untuk uji coba lapangan dengan revisi sesuai saran.

References

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen penilaian berpikir kreatif pada pendidikan abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58-64.

Purnama Sigit. 2013. "Metode Penelitian Dan Pengembangan". Jurnal Literasi. 1(4). Hal. 22-23

Rifa Hanifa Mardhiyah dkk, Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol.12 No. 1, Februari 2021. Hal 31

Siti Zubaidah ,KETERAMPILAN ABAD KE-21: KETERAMPILAN YANG DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN .Hal 3

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan modul pembelajaran fisika denganpendekatan saintifik. In Prosiding seminar nasional fisika (e-journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).
Published
2022-12-28
How to Cite
ZABADI, Fairul et al. Validitas Modul Organ Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 264-268, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/731>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles