Validitas Modul Pencemaran Udara Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Tingkat SMP/MTs

  • Alsya Nurnabilla Tasyakuri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Evitri Nur Kholifah IAIN PONOROGO
  • Heni Zulaifah Ni'mah IAIN PONOROGO
  • Aziza Karenina IAIN PONOROGO
  • Mukhlison Effendi

Abstract

Modul adalah rangkaian dari pengalaman belajar yang disusun secara sistematis sebagai wujud dari bahan ajar. Modul menjadi salah satu salah satu sarana dalam mencapai keterampilan berpikir kritis di abad ke 21 dan sebagai media pembelajaran yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi siswa karena modul memiliki desain yang memang sengaja dibuat untuk dapat digunakan secara mandiri. Penelitian merupakan hasil analisis validitas modul Pencemaran Udara Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Tingkat SMP/MTs. Prosedur penelitian dimulai dari mengembangkan Modul Pencemaran Udara berdasarkan aspek Keterampilan Berpikir Kritis di Tingkat SMP/MTs yang kemudian di validasi oleh ahli desain modul, ahli materi modul, ahli pengembangan dan soal kognitif dan ahli pengembangan modul. Hasil penelitian menunjukkan: 1) secara umum hasil validasi mendapatkan kriteria sangat baik; 2) persentase hasil validasi secara urut dari yang  tertinggi adalah ahli desain modul 90,83%, ahli pengembangan modul 85,83%, serta ahli pengembangan dan soal kognitif 82,81%, sedangkan persentase terendah adalah ahli materi modul 82,5%; 3) modul Pencemaran Udara Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Tingkat SMP/MTs dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi.

References

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114.
Lasmiyati, & Harta, Idris. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2).
Malik, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 18-35.
Irman & Waskito. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2).
Parmin & Peniati. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. JPII: Jurnal Pendidikan IPA, 1 (1).
Putera, Hadi, Apriyanto., dkk. (2021). Ketercapaian Empat Keterampilan Abad 21 pada Pengembangan Modul Social Media Marketing. JOEAL: Jurnal of Education and Instruction, 4(2).
Puspita, Laila. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5 (1).
Saifiyah, dkk. (2017). Desain Modul Pembelajaran Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2).
Sari, S. Y., Sundari, P. D., Jhora, F. U., & Hidayati, H. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 189-196.
Suwastono, A. (2011). Pengembangan Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Penginderaan Jauh. Malang: PPs UM
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466.
Tyffani, Meutia, Dynda., dkk. (2017). Analisis Kelayakan Modul Kimia Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Coorperating dan Transferring) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains: “Strategi Pengembangan Pembelajaran dan Penelitian Sains untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C” pp (74-80). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Wijayanti, dkk. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Berpikir Kritis Disertai Argument Mapping pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Inkuiri, 5 (1).
Yuliandhi, dkk. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (1).
Published
2022-12-27
How to Cite
TASYAKURI, Alsya Nurnabilla et al. Validitas Modul Pencemaran Udara Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Tingkat SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-9, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/726>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles