Validitas Modul Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Berbasis Keterampilan Berpikir Analitis Di SMP

  • Rifa Mufidah Indonesia
  • Aziza Karenina IAIN PONOROGO
  • Ardiana Rahayu IAIN PONOROGO
  • Akhmad Sholeh IAIN PONOROGO
  • Lia Amalia

Abstract

Modul merupakan salah satu jenis dari bahan ajar cetak. Perbedaan modul dengan bahan ajar cetak yang lain yaitu dengan modul peserta didik dapat belajar secara mandiri dan memuat konsep bahan pengajaran yang dapat dipelajari sendiri dengan begitu peserta didik akan aktif belajar. Subjek dari penelitian ini adalah modul jenis – jenis pesawat sederhana berbasis berpikir analitis dengan objek penelitian adalah validitas modul jenis-jenis pesawat sederhana berbasis keterampilan berpikir analitis di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran jenis-jenis pesawat sederhana berbasis keterampilan berpikir analitis yang valid. Uji validitas pada tahap ini merupakan validitas teoritik yaitu validasi yang dilakukan oleh para ahli dibidangnya yang terdiri dari 2 orang. Validasi yang dilakukan meliputi validasi desain modul, materi modul, pengembangan dan soal kognitif serta validasi pengembangan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modul jenis-jenis pesawat sederhana berbasis analitis untuk SMP yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai validitas desain modul 82,5% , validitas materi modul 88,33%, validitas pengembangan dan soal kognitif 78,125%, dan validitas pengembangan modul 77,8% dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa modul jenis - jenis pesawat sederhana berbasis keterampilan berpikir analitis yang dikembangkan valid.

References

Deviana, Tyas. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 47-56.
Kumalasani, P. M., & Kusumaningtyas, D. I. (2022). Keterampilan Abad 21 Dalam Model-model Pembelajaran Berpendekatan STEAM Pada RPP Tematik SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1).
Matsun., Darmawan, H., & Fitriyanti, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Topik Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 30-40.
Mufidah, Chilmiyah Izzatul. Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 Di SMKN 10 Surabaya. 1-17.
Nafsiah, Q. N., Rizal Fahmi., & Giataman. (2019). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 5(1).
Prawingga, F. D., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492.
Ramadhana Risky ( 2017 ). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. E-Jurnal UIN ( Universitas Islam Negeri ) Alauuddin Makassar. VI (02), 316 -335
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112-122.
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Jurnal Harmonia, 11(2).
Wardianti, Yunita., & Jayati, R. D. (2018). Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(2). Doi : https://doi.org/10.31539/bioedusains.vli2.366.
Waskita Dwi Putri, dkk. ( 2019 ). Proses Berpikir Analitis Mahasiswa Berkarakter Charismatic Leadership. Jurnal UMJ Prosiding Semnasfip.
Published
2022-12-28
How to Cite
MUFIDAH, Rifa et al. Validitas Modul Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Berbasis Keterampilan Berpikir Analitis Di SMP. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 288-293, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/722>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles