Validitas Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul ajar pesawat sederhana berbasis pemecahan masalah pada pembelajaran IPA tingkat SMP/MTs agar penerapannya lebih efektif dan inovatif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian merupakan hasil analisis validitas modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs. Prosedur penelitian dimulai dari mengembangkan Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs yang kemudian di validasi oleh ahli desain, ahli materi, ahli pengembangan soal kognitif dan ahli pengembangan modul. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara umum hasil validasi mendapatkan kriteria sangat baik; 2) Persentase hasil validasi tertinggi adalah ahli desain modul 100% dan ahli materi 100%, sedangkan persentase terendah adalah ahli pengembangan soal kognitif 93.75% dan ahli pengembangan modul 90%; 3) Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan layak untuk dilanjutkan ketahap selanjutnya setelah melakukan revisi dari saran yang diberikan validator.
References
Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224-243. http://eprints.unm.ac.id/24319/
Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan modul ipa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205-218. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/4934
Dani, N. R., Farida, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Life Skill dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3431-3444. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1367
Dewi, Finita. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Metodik Didaktik, 9(2), 1-15. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3248
Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2019). Validitas buku petunjuk praktikum biologi dasar berbasis pemecahan masalah untuk mahasiswa pendidikan ipa di universitas wiraraja. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 37-45. http://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/67
Fanani, Moh. Zainal. (2013). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, 2 (1), 57-76. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/download/582/455.
Indah, A. (2022). Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 4(1), 1-9. https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/21
Irawati, Tri Novita, Muhlisatul Mahmudah. (2018). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kadikma, 9(2), 1-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8529
Irman, Selmawati, Wakito. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 260-269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/26156
Jayadi, Agung, Desy Hanisa Putri, Henny Johan. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3 (1), 25-32. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/9446
Lasmiyati, Idris Harta. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 161-174. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/viewFile/9077/pdf.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177. https://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/245
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021, February). Bahan ajar berbasis stem dalam pembelajaran matematika: potensi dan metode pengembangan. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(1),298-302). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44946
Palennari, Muhiddin, Lasmi, Rachmawaty. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 118-216. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/15021
Siregar, T. B., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130-139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/28577
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. In Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581-584. Diunduh dari https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21112/16398.
Susanti, Riri. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri Batubasa, Tanah Datar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 156-173. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1466
Susilo, Agus, Siswandari, Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (1), 50-56. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2127
Widhiyani, Sukajaya, Suweken. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 6 (2), 161-170. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/download/2854/1457.
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Modul IPA Berbasis Saintifik. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45-56. http://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/6039
Zulfadli. (2017). Pengembangan Tes Berbasis Revisi Taksonomi Bloom Pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk Siswa Kelas XI di SMA Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 174-182. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3973