Validitas Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs

  • Eka Safitri IAIN PONOROGO
  • Andira Nabella Novita Oktaviani IAIN PONOROGO
  • Aziza Karenina
  • Ahmad Mujib

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul ajar pesawat sederhana berbasis pemecahan masalah pada pembelajaran IPA tingkat SMP/MTs agar penerapannya lebih efektif dan inovatif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian merupakan hasil analisis validitas modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs. Prosedur penelitian dimulai dari mengembangkan Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs yang kemudian di validasi oleh ahli desain, ahli materi, ahli pengembangan soal kognitif dan ahli pengembangan modul. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara umum hasil validasi mendapatkan kriteria sangat baik; 2) Persentase hasil validasi tertinggi adalah ahli desain modul 100% dan ahli materi 100%, sedangkan persentase terendah adalah ahli pengembangan soal kognitif 93.75% dan ahli pengembangan modul 90%; 3) Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan layak untuk dilanjutkan ketahap selanjutnya setelah melakukan revisi dari saran yang diberikan validator.

References

Anisah, Sri Lastuti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(9), 191-197. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/16341
Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224-243. http://eprints.unm.ac.id/24319/
Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan modul ipa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205-218. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/4934
Dani, N. R., Farida, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Life Skill dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3431-3444. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1367
Dewi, Finita. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Metodik Didaktik, 9(2), 1-15. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3248
Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2019). Validitas buku petunjuk praktikum biologi dasar berbasis pemecahan masalah untuk mahasiswa pendidikan ipa di universitas wiraraja. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 37-45. http://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/67
Fanani, Moh. Zainal. (2013). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, 2 (1), 57-76. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/download/582/455.
Indah, A. (2022). Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 4(1), 1-9. https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/21
Irawati, Tri Novita, Muhlisatul Mahmudah. (2018). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kadikma, 9(2), 1-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8529
Irman, Selmawati, Wakito. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 260-269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/26156
Jayadi, Agung, Desy Hanisa Putri, Henny Johan. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3 (1), 25-32. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/9446
Lasmiyati, Idris Harta. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 161-174. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/viewFile/9077/pdf.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177. https://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/245
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021, February). Bahan ajar berbasis stem dalam pembelajaran matematika: potensi dan metode pengembangan. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(1),298-302). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44946
Palennari, Muhiddin, Lasmi, Rachmawaty. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 118-216. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/15021
Siregar, T. B., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130-139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/28577
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. In Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581-584. Diunduh dari https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21112/16398.
Susanti, Riri. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri Batubasa, Tanah Datar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 156-173. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1466
Susilo, Agus, Siswandari, Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (1), 50-56. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2127
Widhiyani, Sukajaya, Suweken. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 6 (2), 161-170. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/download/2854/1457.
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Modul IPA Berbasis Saintifik. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45-56. http://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/6039
Zulfadli. (2017). Pengembangan Tes Berbasis Revisi Taksonomi Bloom Pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk Siswa Kelas XI di SMA Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 174-182. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3973
Published
2022-12-28
How to Cite
SAFITRI, Eka et al. Validitas Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 133-140, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/721>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles