Validitas Modul Ajar Struktur dan Fungsi Sistem Peredaran Darah Berbasis Pemecahan Masalah di SMP
Abstract
Pada hakikatnya modul dikembangkan dari bahan pengajaran memuat konsep secara utuh sehingga dapat dipelajari secara terpisah tanpa mengurangi makna. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar struktur dan fungsi sistem peredaran darah berbasis pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan uji coba dan pengisian instrumen angket yang dibagikan kepada para ahli. Penelitian dilakukan dari tahap pembuatan modul hingga validasi menurut ahli. Data validasi modul ajar diperoleh dari hasil validasi ahli desain modul, ahli materi modul, ahli pengembangan dan soal kognitif serta ahli pengembangan modul. Berdasarkan hasil validasi diperoleh 2 kualifikasi tertinggi dan terendah. Kualifikasi tertinggi, yaitu hasil validasi ahli desain modul dengan presentase 82,5% dan ahli pengembangan modul 80% menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat layak dengan predikat baik. Selanjutnya, hasil validasi dengan kualifikasi rendah meliputi ahli materi modul 76,6% beserta ahli pengembangan dan soal kognitif 71,875% menunjukkan bahwa kriteria modul sangat layak dan layak. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul ajar struktur dan fungsi sistem peredaran darah berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan layak untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu uji lapangan dengan melakukan perbaikan terlebih dahulu sesuai saran yang telah diberikan oleh validator.
References
Ayriza, Y. (2008). Developing and Validating The Social Life Skill Module For Pre-School Educators. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 213-231. https://bit.ly/3zvGqDs
Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 206. https://bit.ly/3fgU1Yv
Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami Dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7-13. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/view/1906
Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78-98. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/2125
Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320-333. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/616
Haryani, S., & Nur'aeni, Nur'aeni. (2014). Studi Deskriptif Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri I Baturraden Tahun Ajaran 2011/2012. Psycho Idea, 12(1), 25-30. https://bit.ly/3fkBIBv
Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Topik Laju Reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899-1909. https://bit.ly/3Wk9oje
Himawan, R., & Fathonah, E. N. (2020). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Keterampilan Abad 21 Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP. J. Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(1), 17-21. https://bit.ly/3WfdHMN
Ipmasyari, Muthia Nur., Dewanti, Ajeng Nugrahaning., dan Yanti, Rossana Margaret Kadar. (2019). Analisis Tingkat Kinerja Kawasan Ekonomi Terpadu Di Kota Samarinda. Jurnal Penataan Ruang, 14(2), 62-68. https://bit.ly/3SMGfu9
Irman, S. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 260-269. https://bit.ly/3U9eZXL
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43-58. https://bit.ly/3Nsu4So
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://bit.ly/3NmoReT
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/24
Mufidah, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di SMK N 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2(2), 1-17. https://core.ac.uk/download/pdf/230758451.pdf
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673-682. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/152
Nafsiah, I. N., & Rizal, F. (2019) Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 5(1JUNI), 26-31. https://bit.ly/3zSgxht
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492. https://bit.ly/3DePE88
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44-66. https://bit.ly/3DLgeqL
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://bit.ly/3zuq7qe
Sari, J. I., Syamswisna, S., & Yokhebed, Y. (2019). Kelayakan Bahan Ajar Modul Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33329
Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26. https://bit.ly/3SON26v
Sari, N. S., Farida, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Literasi Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-23. https://bit.ly/3Ft8MC7
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. https://bit.ly/3SPZ53y
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107-117. https://bit.ly/3NkSq05
Wardianti, Y., & Jayati, R. D. (2018). Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 136-142. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/366
Wijayanti, D.A.I., Margunayasa, I.G., dan Arnyana, I.B.P. (2022). Pengembangan E-LKPD Berkearifan Lokal Catur Pramana Tema 7 Muatan IPA. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6 (1) 141-152. https://repo.undiksha.ac.id/8578/
Wijayanti, D. A. I. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkearifan Lokal Catur Pramana Tema 7 Muatan IPA Kelas V SD (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/8578/
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Peneieitian Gabungan. Jakarta: KENCANA. https://bit.ly/3Dq4Xe8
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17). https://bit.ly/3DMmxKP