Validitas Modul Struktur dan Fungsi Sel Berbasis Keterampilan Mengambil Keputusan di SMA/SMK
Abstract
Modul struktur dan fungsi sel berbasis keterampilan mengambil keputusan di SMA/SMK ini merupakan sebuah produk bahan ajar yang dibuat untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Modul Pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel Berbasis Keterampilan Mengambil Keputusan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas 11 SMA/SMK sederajat. Prosedur penelitian dimulai dari mengembangkan Modul Struktur dan Fungsi Sel berdasarkan aspek Keterampilan Mengambil Keputusan di Tingkat SMA/MA yang kemudian di validasi oleh ahli materi, ahli desain modul, ahli materi modul, ahli pengembangan dan soal kognitif, serta ahli pengembangan modul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research). Hasil penelitian berupa validasi tim ahli dengan persentase ahli pengembangan modul 71,2%, ahli materi modul 70%, ahli pengembangan dan soal kognitif 71,87% dan ahli desain modul 82,5%. Validasi menunjukkan hasil yang cukup baik. Persentase validasi tertinggi adalah ahli desain modul, sedangkan persentase terendah adalah ahli materi. Modul ajar struktur dan fungsi sel berbasis keterampilan mengambil keputusan ini layak untuk dilanjutkan dan diharapkan mampu membantu pendidik maupun peserta didik dalam proses pembelajaran dan dapat melatih peserta didik mengambil keputusan.
References
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=60839&pRegionCode=UNES&pClientId=634
Irman, S. & Waskito. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Universitas Negeri Padang: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 260 – 269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/26156
Jaya, R. dkk. (2020). Implementasi Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Agroindustri: Suatu Telaah Literatur. Universitas Syiah Kuala Darussalam: Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian, 30(2), 235 – 243. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/32918
Mahanal, S. (2014). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Universitas Negeri Malang: Pendidikan Biologi, 1 – 16. https://www.researchgate.net/profile/Susriyati-Mahanal/publication/319746366_
Mufidah, C.I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X Apk 2 di SMKN 10 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya: Jurusan Pendidikan Administrasi Pendidikan, 1 – 17. https://core.ac.uk/download/pdf/230758451.pdf
Nafsiah, I.N., Fahmi R. & Giataman. (2019). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Manajemen Proyek di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Universitas Negeri Padang: Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 5(1), 26 – 31. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/14199
Purnamasiwi, E.A. (2017). Pengembangan Modul sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi (Bachelor dissertation). Diperoleh dari https://repository.usd.ac.id/12545/2/101334063_full.pdf
Rismayanti, R. (2016). Corporate Decision Making dalam Komunikasi Organisasi. Universitas Atma Jaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 46(1). 49 – 62. https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/view/9648
Tarliany, E. Sajidan & Karyanto. (2019). Keefektifan Produk Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa (Menurut Taksonomi Bloom yang Terefisi) pada Materi Protista. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 72 – 80. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/31818
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang: Jurusan Biologi, 1 – 17. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318013627_