Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP/MTs

  • Dana Ainal Hasan IAIN Ponorogo
  • Dita Safarosarita IAIN Ponorogo
  • Febrianti Novitasari IAIN Ponorogo

Abstract

Pembelajaran terjadi melalui hubungan timbal balik antara guru dan siswa, yang mengoptimalkan pendidikan baik guru dan siswa. Maka media yang kami gunakan berupa scrapbook dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian yaitu agar mengetahui pengaruh kualitas media scrapbook dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada media ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Metode penelitian lainnya adalah metode pengembangan 3D, dimana lingkungan pembelajaran dikembangkan dalam bentuk scrapbook dengan menggunakan penelitian pengembangan 3D yaitu identifikasi, perencanaan dan pengembangan.Setelah diketahui hasil dari semua evaluator, hasil evaluasi kelayakan pers dan ahli materi rata-rata poin dengan kriteria baik untuk semua aspek scrapbook di atas. Proses validasi materi dan media meliputi kontribusi dan saran perbaikan agar lebih baik dan lebih user friendly. Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa hasil rerata penilaian validasi oleh ahli media pembelajaran bagi dosen adalah 3,5 dan guru adalah 3,15. Sedangkan siswa Memilih sangat setuju. Dengan media ini, siswa dapat menggabungkan bagian gambar dengan deskripsi singkat gambar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Hasil penilaian yang divalidasi ke draf dalam bentuk scrapbook, disajikan untuk menarik perhatian siswa dan mendorong pembelajaran.

References

Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 468-478.
Dick and Carey. 1996. The Systematic Design of Instruction. Fourth Edition: Harper Collins College Publisher.
Mulyani, L. &. (2021). KEVALIDAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMPN 4 KOTA SOLOK. THEOREMS. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 91-93.
Septiani, U. R. (2020). KELAYAKAN SCRAPBOOK SUB MATERI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA. Jurnal Biologi dan Kependidikan Biologi, 53-55.
Shier.P. (2013). Scrapbooking Project. Canada: Agriculture Council of Saskatchewan Inc.
Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan media scrapbook pada materi pengelompokan hewan untuk siswa kelas III sekolah dasar. JS (Jurnal Sekolah), 124-130.
Published
2022-12-28
How to Cite
HASAN, Dana Ainal; SAFAROSARITA, Dita; NOVITASARI, Febrianti. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 141-148, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/713>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles