Efektifitas Pendekatan Pembelajaran STEM pada Materi Listrik Statis terhadap Hasil Belajar Kelas IX di MTsN 2 Ponorogo
Abstract
Pendidikan diera modern mengalami banyak perkembangan. Pembelajaran yang terlaksana mengutamakan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik bukan lagi pembelajaran yang terpusat pada pendidik. Tentu saja, dalam hal ini memerlukan adanya kemampuan pendidik abad 21 yang mumpuni. Kemampuan komunikasi, kekreatifitasan, berfikir kritis, serta kolaborasi menjadi modal utama untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang berdampak bagi peserta didik diera modern. Hal yang umum dilakukan oleh pendidik untuk dapat mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan perbaikan pembelajaran. Diantaranya adalah perbaikan metpde ataupun model pembelajaran. Metode pendekatan pembelajaran STEM merupakan salah satu dari sekian banyaknya metode pendekatan pembelajaran. Secara sederha dapat kita ketahui bahwa STEM merupakan metode pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat komponen utama diadalamnya diantaranya yitu science, technology, engineering, and mathematics. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat keefektifitasan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEM terhadap hasil belajar peserta didik. Pendekatan pembelajaran STEM dapat dikatakan baik dan layak untuk diterapkan pada pembelajaransains dikelas IX C Billingual apabila memiliki presentasi sebesar 83% dengan kategori sangat baik untuk diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX C Billingual di MTsN 2 Ponorogo pada pelajaran sains materi listrik statis.
References
Hidayati, N., Irmawati, F., & Prayitno, T. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 84–92. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.536
Marsya, A., Syafi’i, A., & Wulandari, A. Y. R. (2022). EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. 7.
Nawawi, S., & Minasari, U. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG. 11.
Nurya, S., Arif, S., Sayekti, T., & Ekapti, R. F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbasis STEM Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 138–147. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.192
Permanasari, A. (n.d.). Inovasi dalam Pembelajaran Sains. 12.
Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967
Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., & Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67–73. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1581