Pengembangan Media Pembelajaran IPA SPUB (STEM Pop Up Box) Berorientasi Problem Solving Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya

  • Irma Novita Anggraini Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Muhamad Irvan - Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Laila Rahmatul Karomah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Pengembangan inovasi pembelajaran dengan media Pop-up Box berbasis STEM dan problem solving bermula dari kurangnya ketertarikan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, dikarenakan sebuah kegiatan belajar mengajar yang monoton dan kuirang menarik bagi peserta didik, maka penelitian ini mengembangkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media Pop-up Box. Dengan materi pada media Pop-up Box adalah interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya (KD 3.7). Metode dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) dengan model 3D (define, design, development) dan dengan media yang sudah divalidasi oleh ahli media pembelajaran, rerata hasil yang diperoleh dari validasi oleh validator sebesar 3,77 dari interval skor 1,00 – 4,00. Pengembangan media ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran, dan dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik khususnya dalam mata pelajaran IPA di tingkat SMP/MTS sedrajat. Media inovasi pembelajara tersebut memiliki kriteria kelayakan ”sangat baik” sesuai dengan hasil rerata validasi dan dapat dianggap layak untuk kegiatan belajar mengajar di tingkat SMP/MTS.

References

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1.
Cahyani, A. N., Wiranti, & Hasanah, D. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pop Up Book pada Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa SMPLB-B (Tunarungu) Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika. Surakarta.
Dewanti, Handaruni., dkk. 2018. "Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo". JKTP, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 221–228)
Lubis, Rahmat Rifai. 2018. "Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik (Konsep dan Pola Penerapan Dalam Desain Instruksional)". Jurnal Hikmah, Volume 15, Nomor 1 (hlm. 28–34).
Mariani, S. W., & Kusumawardani, E. (2014). The effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter. International Journal of Education and Research, 2(2), 531–548.
Muhali. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 25–50).
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10.
Mustika, Rieka. 2015. "Media Pembelajaran Sistem Audio untuk Pemberdayaan Pendidikan di Komunitas Masyarakat". Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 57–68).
Oktaviarini, Nourma. 2017. "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan dan Alam Sekitar untuk Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Blitar". Jurnal Pena SD, Volume 03, Nomor 01.
Rizal, Daviq. 2018. "Pendampingan Peningkatan Mutu Madrasah melalui Pembelajaran Aktif dan Manajemen Sekolah". Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, Volume 18, Nomor 2, (hlm. 327–344).
Safitri, N., & Norma. (2014). Pengembangan Media Pop-up Book untuk Keterampilan Menulis Narasi Tunarungu Kelas IV. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131–144.
Published
2022-12-28
How to Cite
ANGGRAINI, Irma Novita; -, Muhamad Irvan; KAROMAH, Laila Rahmatul. Pengembangan Media Pembelajaran IPA SPUB (STEM Pop Up Box) Berorientasi Problem Solving Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 76-85, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/710>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles