Pengembangan Media Pembelajaran Modul Tata Surya: Sains Ceria (Cerdas, Relevan, dan Aplikatif) Berbasis SSI (Socio-scientific Issue)

  • Amanda Putri Dewanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Cahyani Fitriana IAIN Ponorogo
  • Bayu Armanda Putra IAIN Ponorogo

Abstract

Ketepatan perpaduan dalam penggunaan materi, kemampuan murid, dan lingkungan, serta pemilihan metode pembelajaran sangatlah diperlukan pada pembelajaran abad 21. Ketepatan perpaduan juga harus dilakukan dengan melihat perkembangan masyarakat dan zaman. Pada abad ke 21 ini, penggunaan media yang inovatif dan kreatif sangatlah diperlukan untuk menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketepatan dan keefektifan media pembelajaran yaitu Modul Tata Surya berbasis Socio-scientific Issue (SSI). Di dalamnya disajikan materi yang diangkat dari isu-isu terkini, LKPD, latihan pemahaman, gambar-gambar yang menarik, dan berita-berita terkini terkait materi tata surya. Metode penelitian yang kami gunakan dalam menyusun artikel jurnal yaitu metode deskriptif-kuantitatif menggunakan metode pengembangan research and development. Hasil penelitian menyatakan bahwa, media pembelajaran inovatif yaitu modul berbasis Socio-scientific Issue (SSI) dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karena telah melewati validasi oleh beberapa ahli di bidangnya. Mulai dari validasi dari segi konten, tampilan, bahasa, serta penggunaan dan penyajian. Dengan rerata nilai yang didapatkan dari validator yaitu 3,54 dengan kriteria sangat baik. Dengan itu, pengembangan inovasi pembelajaran yang disesuaikan dengan pembelajaran abad 21 dengan unsur kreatif dan inovatif memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan hasil pembelajaran dan prestasi murid.

References

Chrisyarani, D. D. & Yasa, A. D. (2018). Validasi Modul Pembelajaran: Materi dan Desain Tematik Berbasis PPK. Premier Educandum: Jurnal Pendidikan dasar dan Pembelajaran, 8(2), 209 – 210. 10.25273/pe.v8i2.3207.
Diana, E. & Puspasari, D. (2015). Pengembangan Modul Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar menjelaskan Cara Membuat Surat Niaga Kelas X. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(3)
Evita, Zikkra, dkk. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas VII MTs Batamiyah Batam. SIMBIOSA, 4(1), 42. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/539/405
Irman, S. & Waskito. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 263 – 267. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26156
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Kemdikbud. (2022, Februari). Kurikulum Merdeka Jadi Jawbaan untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Dikutip dari www.kemdikbud.go.id
Kurniasih, Imas, dkk. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Lestari, Dinda. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai–Nilai Keislaman pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMPN 40 Muko-Muko. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7405/
Masfuah, Siti, & Ika Ari Pratiwi. (2018). Pentingnya Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Bersahabat. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global (pp 178 – 183). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Mudiono, A., Akbar. S., Dwi Yasa, A., & Delawati C. D. (2017). Developing Multiple Intelligences-Based Thematic Comic Module. Pancaran Pendidikan, 6(4), 115 – 124. https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i4.111.
Nazila, N., Khamsatul, L., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-scientific Issues pada Materi Pemanasan Global. Science Education National. Madura: FIP Universitas Trunojoyo Madura.
Rahma, Fatikh Inayahtur. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3608/2659
Selpiyanti, S. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VII SMP (diterbitkan). Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno: Bengkulu.
Wenno, Izaak H. (2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Cakrawala Pendidikan, 2, 176. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/338/0
Published
2022-12-28
How to Cite
DEWANTI, Amanda Putri; FITRIANA, Cahyani; PUTRA, Bayu Armanda. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Tata Surya: Sains Ceria (Cerdas, Relevan, dan Aplikatif) Berbasis SSI (Socio-scientific Issue). PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 86-94, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/709>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles