Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfa pada Era Society 5.0

  • Yoga Prismanata Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • Dewi Tinjung Sari

Abstract

Generasi Z dan Generasi Alfa merupakan generasi yang sedari lahir sudah menikmati fasilitas teknologi dan informasi. Generasi tersebut lahir dan tumbuh ketika Era Society 5.0 berkembang. Era Society 5.0 dikenal pula sebagai sistem cyber-phycical, yaitu sebuah sistem yang memungkinkan manusia hidup dalam dua dunia sekaligus baik di dunia maya maupun nyata (riil). Hal tersebut menyebabkan kebutuhan dan metode yang diterapkan dalam pembelajaran juga turut berubah atau tidak lagi sama seperti halnya generasi X dan generasi Y. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bagi peserta didik generasi Z dan generasi Alfa perlu disesuaikan dengan karakteristiknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Pendekatan studi kepustakaan menekankan pada pengumpulan data dengan melaksanakan studi penelaahan terhadap buku – buku, literatur, catatan, dan laporan- laporan yang ada korelasinya dengan masalah yang dipecahkan. Pengumpulan data diperoleh berbagai referensi, artikel, jurnal ilmiah, dan hasil penelitian. Perancangan ini dilakukan sebagai sebuah upaya untuk memberikan gambaran dan formulasi media pembelajaran yang sesuai untuk karakteristik peserta didik generasi Z dan generasi Alfa. Berdasarkan hasil studi pustaka diperoleh rekomendasi berupa formulasi media pembelajaran bagi para peserta didik generasi Z dan generasi Alfa ditinjau dari beberapa aspek, seperti psikologi belajar, gaya belajar, komponen belajar, prinsip desain multimedia, dan prinsip visual.

References

A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1 ed.). Kencana.
Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development (3 ed.). Ally & Bacon A Pearson Education Company.
Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 454. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843
Ariffudin, M. (2022, Agustus 17). Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting. Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/hosting-untuk-moodle/#Spesifikasi_Hosting_untuk_Moodle
BBPMP Jatim. (2021, Juni 24). GeN-Z, Pendidikan Harus Bertransformasi. BBPMP Jatim. https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/gen-z-pendidikan-harus-bertransformasi
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8 ed.). Pearson.
Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen Kemendibudristek. (2021, Februari 3). Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0. Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK GENERASI ALFA DI ERA INDUSTRI 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235
Firdaus. (2020, Juli 6). Mengenal Society 5.0 “Sebuah Upaya Jepang untuk Keamanan dan Kesejahteraan Manusia.” Teknik Elektro FTI UII. https://ee.uii.ac.id/2020/07/06/mengenal-society-5-0-sebuah-upaya-jepang-untuk-keamanan-dan-kesejahteraan-manusia/
Google. (2022). Setelan encoding upload yang direkomendasikan YouTube. Bantuan YouTube. https://support.google.com/youtube/answer/1722171?hl=id#zippy=%2Ckecepatan-frame%2Ckecepatan-bit%2Crasio-lebar-tinggi-dan-resolusi-video
Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan (1 ed.). UNY Press.
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J. D. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7 ed.). Pearson Education.
Indotelko.com. (2022, Juni 8). E-Learning Diklaim Makin Diminati, Jadi Metode Belajar Baru. Indotelko.com. https://www.indotelko.com/read/1654626847/e-learning-diklaim-makin-diminati-jadi-metode-belajar-baru
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2019, Februari 19). Apa itu Industri 4.0 dan bagaimana Indonesia menyongsongnya. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
McCrindle. (2020). Understanding Generation Alpha. McCrindle Research Pty Ltd. https://generationalpha.com/wp-content/uploads/2020/02/Understanding-Generation-Alpha-McCrindle.pdf
McCrindle, M., & Wolfinger, R. E. (2008). The ABC of XYZ: Understanding the global generations. University of New South Wales Press Ltd.
McKinsey. (2018, Desember 11). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies
Megawati, S. (2021). Pengembangan Sistem Teknologi Internet of Things Yang Perlu Dikembangkan Negara Indonesia. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.26740/jieet.v5n1.p19-26
Miarso, Y. (2013). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana.
Nurhabibah & Richardus Eko Indrajit. (2021). Cyber Pedagogy: Guru sebagai Fasilitator & Coach dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Penerbit ANDI.
Pertiwi, A. A., & Rizal, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Collaboration, Communication, Creativity and Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Rangkaian Elektonika. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 61–68. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.665
Rastati, R. (2018). MEDIA LITERASI BAGI DIGITAL NATIVES: PERSPEKTIF GENERASI Z DI JAKARTA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 60. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73
Ratna Kumala Dewi. (2021). Inovasi Pembelajaran Biokimia dalam Menyongsong Era Super Smart Society 5.0. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, 33–41. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/279
Reis, T. A. dos. (2018). Study on The Alpha Generation And The Reflections of Its Behavior in the Organizational Environment. 6(1), 09–19.
Sadryna, E. (2021, Februari 19). Sejak Kapan Internet Ada di Indonesia? Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/148177/sejak-kapan-internet-ada-di-indonesia
Saputra, A. (2022, Juni 27). Mari Mengenal Lebih Jauh Generasi Alpha dan Cirinya. Aido Health. https://aido.id/health-articles/mari-mengenal-lebih-jauh-generasi-alpha-dan-cirinya/detail
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI).
Tapscott, D. (2009). Grown Up Digital: How the NetGeneration is Changing Your World. McGraw-Hill.
YPulse. (2019, Agustus 19). Gen Zs Are Doing These Things on Their Phones More Than Millennials. YPulse. https://www.ypulse.com/article/2019/08/19/gen-zs-are-doing-these-things-on-their-phones-more-than-millennials/
Ziatdinov, R., & Cilliers, J. (2021). Generation Alpha: Understanding the Next Cohort of University Students. European Journal of Contemporary Education, 10(3). https://doi.org/10.13187/ejced.2021.3.783
Published
2022-12-28
How to Cite
PRISMANATA, Yoga; SARI, Dewi Tinjung. Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfa pada Era Society 5.0. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-43, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/697>. Date accessed: 27 may 2024.
Section
Articles