Revitalisasi Pembelajaran Al-Qur'an untuk Mengantisipasi Learning Loss di Desa Bekare Bungkal Ponorogo Pasca Pandemi

  • Fatiha Nur Zahroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • fitri lailatul jamilatu rohmah IAIN Ponorogo
  • khair udin IAIN Ponorogo
  • asna istya marwantika IAIN Ponorogo

Abstract

Selama pandemi COVID-19 aktivitas keagamaan warga mengalami pembatasan, seperti sholat berjamaah, shalat idul fitri dan adha, aktifitas pendidikan Al-Qurán, hingga pengajian bisa dikatakan vakum. Salah satu akibat dari pembatasan aktivitas keagamaan ini bisa menimbulkan learning loss atau berkurangnya pengetahuan atau keterampilan dalam belajar Al-Qurán untuk anak-anak usia Sekolah Dasar. Termasuk di Desa Bekare, Kecamatan Bungkal yang mengalami learning loss dalam pembelajaran Al-Qur’an. Untuk mengantisipasi learning loss dilakukan revitalisasi pembelajaran Al-Qur’an dengan mengaktifkan kembali Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Khozinul Huda, Desa Bekare. Revitalisasi pembelajaran Al-Qur’an ini, dilakukan secara sorogan tatap muka dengan mengunakan metode irama Al-Qur’an pada umumnya, yaitu; Bayati, Jiharkah, Nahawand, Hijaz, Syikah, kurdi, Shoba, dan Rost.Tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran ini diawalidengan pemahaman tentang makhorijul huruf, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan irama qori’ yang di dalamnya terdapat pemahaman mengenai ilmu tajwid sampai bisa mempraktikkan irama yang dipelajari. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengantisipasi learning loss keagamaan di Desa Bekare pasca pandemi. Adapun hasil dari adanya pembelajaran ini adalah meningkatnya kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an serta memiliki keterampilan dalam membaca Al-Qur’an dengan irama yang dipelajari.

References

Adiputri, Ratih D. (2022, Maret). “Learning Loss” Di Masa Pandemi. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/03/20/learning-loss-di-masa-pandemi
Al-Munawar, Said Agil Husain. (2002). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Press.
Arsendy, S., Gunawan, C. J., Rarasati, N., & Suryadarma, D. (2020). Teaching and Learning During School Closure: Lessons from Indonesia.
________ (2005), Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arsip Desa Bekare Monografi. (2021).
CNN Indonesia. (2021). MUI Catat Sekitar 900 Ulama Meninggal Selama Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210803210105-20-676008/mui-catat-sekitar-900-ulama-meninggal-selama-pandemi-covid-19.
Danisworo, 2002 pengertian revitalisasi, (online) http://makalahdanskripsi.blogspot.com/2009.03/definifi-revitalisasi.html diakses 30 Oktober 2022
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during COVID-19: An early systematic review. Prospects, 1–9.
Fernando, Toto Ricky. (2020). Aplikasi Pengenalan Jenis-Jenis Irama Qiro’ah Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier.Diperoleh dari etheses uin malang.
Hidayat, Arif Rachman et al. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Sebagai Pengembangan Kegiatan Tpa Di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 663–72. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/20319.
Laretna, Adishakti. 2002. Revitalisasi Bukan Sekedar “Beautification”. Urdi Vol.13, www.urdi.org (Urban and Regional Development Institute)
Mutiara, Puput. (2021, Oktober). Kegiatan Masjid Bantu Tingkatkan Kesadaran Gotong-Royong Masyarakat Pasca Pandemi.Retrieved fromhttps://www.kemenkopmk.go.id/kegiatan-masjid-bantu-tingkatkan-kesadaran-gotong-royong-masyarakat-pasca-pandemi.
Marwantika, A. (2022). DAKWAH DAN KOMUNIKASI KRISIS DI MASA PANDEMI COVID-19: NETNOGRAFI DA’I DI INSTAGRAM. Proceeding Of Conference On Strengthening Islamic Studies In The Digital Era, 2(1), 174-189. Retrieved from https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/656
Marwantika, Asna Istya. (2021). Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus’ @s.Kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 71-82. https://doi.org/10.24090/komunika.v15i1.4522..
Rokim, Syaeful et al. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Pasca Pandemi. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.30868/KHIDMATUL.V3I01.2835.Arsendy, S., Gunawan, C. J., Rarasati, N., & Suryadarma, D. (2020). Teaching and Learning During School Closure: Lessons from Indonesia.
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during COVID-19: An early systematic review. Prospects, 1–9.
Kambau, R. A., Kadir, A. N., Mutmainnah;, Jamilah;, & Rahman, A. (2016). Panduan Implementasi Service-Learning di UIN Makassar. Proyek SILE/LLD. https://acced.uin-alauddin.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Panduan-SL.pdf
Qomariah, S., & Hammam, H. (2021). IMPLEMENTASI SIMPLYFICATION BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 4(2), 202–217.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Published
2022-12-28
How to Cite
ZAHROH, Fatiha Nur et al. Revitalisasi Pembelajaran Al-Qur'an untuk Mengantisipasi Learning Loss di Desa Bekare Bungkal Ponorogo Pasca Pandemi. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 240-248, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/695>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles