Peningkatan Komunikasi Siswa Melalui Media Pembelajaran Puzzle

  • Rotania Ummul Latifah IAIN Ponorogo
  • Anisatul Farida MIN 2 Ponorogo
  • Ulinnuha Nur Faizah IAIN Ponorogo

Abstract

Dalam meningkatkan peran siswa dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya siswamemiliki beberapa keterampilan. Salah satunya yaitu keterampilan berkomunikasi, namun pada kenyataannya dalam kehidupan sehari hari banyak dijumpai siswayang kurang memiliki kemampuan berbicara yang baik dan mereka hanya sekedar berbicara sehingga menyebabkan orang lain sulit memahami apa yang dibahas oleh pembiacara. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengembangan komunikasi siswa melalui media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran PPKn di kelas V MIN 2 Ponorogo tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu  penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dengan dua siklus. Lokasi  penelitian di MIN 2 Ponorogo Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Subjek  penelitian yaitu siswa kelas V MIN 2 Ponorogo tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru dan dokumen. Pengembangan komunikasi siswa melalui media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran PPKn pada siklus I memperoleh 10 siswa tuntas dengan presentase 50% dan siswa yang tidak tuntas 10 siswa dengan presentae 10% dengan rata-rata klasikal 77, meningkat pada siklus II memperoleh 18 siswa tuntas dengan presentase 90% dan siswa tidak tuntas 2 siswa dengan presentase 10% dengan rata-rata klasikal 83. Hasil pengembangan komunikasi siswa melalui media puzzle mata pelajaran PPKn pada siklus I sebesar 50% dengan kriteria cukup memperoleh rata-rata siswa yang tuntas 10 siswa, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90% dengan criteria baik memperoleh rata-rata siswa yang tuntas 18 siswa. Hasil penelitian PTK yang dilaksanakan pada kelas V MIN 2 Ponorogo dapat disimpulkan bahwa terdapat perkembangan berkomunikasi peserta didik melalui media pembelajaran puzzle.

References

Abdul Majid. (2017). Strategi Pembelajaran, Bantung : PT Remaja Rosda Karya
Kasri. (2018) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD, Jurnal Pendididkan 2 (3)
Lidya. (2019). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III MIN 17 Aceh Timur (Unpublished Doctoral dissertation). Program Strata 1 UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.
Laelia Nurpratiwiningsih, Atikah Mumpuni (2019) Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar, Jurnal Kontekstual 1(1)
Nur Rumakhit. (2017). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis Dan Rantai Makanan, iogimki-Pedaga 1(2)
Meutiana (2015). Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pengajaran Berbasis Ingkuiri Pada Siswa Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Peusangan Bireuen. Jurnal Ilmiah CIRCUIT 1(1)
Muhamad Fahrudin (2021), Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Rosiana Khomsoh, Jandut Gregorius, Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar, (Unpublished Doctoral dissertation) PGSD FIP: Universitas Negeri Surabaya.
Shita R., Ramlah, & Haerudin. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Media Permaainan Puzzle, Journal Homepage: Sesiomadika (pp. 303-309) Karawang : Universitas Singaperbangsa Karawang
Siti K. S., Ika A. P., & Erik A. I., (2020 (2020). Penerapan Model Group Invertigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan 11(2)
Widya Hastuti (2017), Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV SDN Nomor 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Banten, Jurnal Penelitian Dan Penalaran 4 (1)
Published
2022-12-28
How to Cite
LATIFAH, Rotania Ummul; FARIDA, Anisatul; FAIZAH, Ulinnuha Nur. Peningkatan Komunikasi Siswa Melalui Media Pembelajaran Puzzle. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 230-239, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/689>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles