Analisis Respon Mahasiswa IPA IAIN Ponorogo terhadap Pembelajaran Online Salingtemas Berbasis Proyek dalam Konteks Keterampilan Berpikir Kritis

  • Alfina Amara Fitri IAIN Ponorogo
  • Arifah Nur 'Aini IAIN Ponorogo

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan secara daring akibat Covid-19 yang mewabah menimbulkan banyak tantang baru bagi tenaga pendidik, baik dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi, salah satunya pada matakuliah Salingtemas di IAIN Ponorogo. Salingtemas merupakan singkatan dari Sains, Lingkungan Teknologi, dan Masyarakat, yakni sebuah matakuliah yang menghubungkan permasalahan dari empat sector tersebut kemudian dibahas dari kacamata IPA. Pembelajaran pada matakuliah Salingtemas seolah tidak lengkap tanpa adanya hasil akhir berupa proyek yang diciptakan, tentunya yang berangkat dari permasalahan di lingkungan sekitar, mengandung pembaharuan, dianalisis secara sains dan memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Oleh sebab itu dalam pembelajaran Salingtemas digunakan model pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang relative berjangka waktu, mengacu pada suatu permasalahan dan mengedepankan proses. Dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, mahasiswa IPA dituntut untuk berpikir kritis dalam menganalisis permasalahan lingkungan dan membuat produk inovasi yang dapat dijadikan solusi. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajarn berbasis proyek mampu melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa IPA dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19. Hal ini dapat dilihat dari persentase beberapa indicator yang diajukan, yakni pengakuan bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan dalam matakuliah Salingtemas mampu mendukung mahasiswa IPA dalam mengekspresikan ide serta mampu melatih kepekaan terhadap permaslaahan lingkungan. Berbagai produk inovasi yang dihasilkan juga mengandung keunikan tersendiri serta memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga memberi peluang bagi mahasiswa IPA dalam bidang wirausaha.

References

Amiruddin, A., dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. 20 (1).
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Buku Aksara.
Karen, Adsit. (2006). What is Critical Thinking. UTC Workshop.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Sekolah tentang Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Bdan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lestari, Eni., Ekapti, Rahmi Faradisya. (2021). Respon Mahasiswa IPA IAIN Ponorogo terhadap Pembelajaran Online Bioteknologi melalui PjBL dengan Konteks Berpikir Kreatif. SCIENING: Science Learning Education. 2(2). Ponorogo: IAIN Ponorogo. 65 – 74.
Nuryanto, dan Binadja. 2010. Efektivitas pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Salingtemas Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 552-556.
Sefriani, Rini., dkk. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6). Padang: Universitas Putra Indonesia Yptk. 4731 – 4737.
Shafique, M., Rao, MRKK. (2006). Infusing Partwhole Relationship Critical Thinking Skills into Basic Computer Science Education. Diakses melalui http://wwl.ucmss.com/books/LFS/CSREA2006/FEC4041.pdf.
Subiantoro, Agung W., Fatkhurohman, Bahrudin. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi 11. Malang: Universitas Negeri Malang. 111 – 114.
Suriyanto dan Syaiful Rijal Alinata. 2015. Penerapan Pendekatan Salingtemas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 9 No 1. Sumenep: Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep. 1421-1430.
Verawati, Ni Nyoman Sri Putu., Wahyudi., Sahidu, Chairunnisya. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 5(1). Mataram: Universitas Mataram. 18 – 23.
Lake. (2010). Examaining Trends in Adolescent Invironmental Attitude, Bellefs and Behaviors Acroos 3 Decades. National Institute of Health NIH Public access, Environtmental Behavior, 42(1). 61 – 85.
Prabawati, Lani. (2021). Analisis Kepekaan Lingkungan Siswa SMP pada Pembelajaran IPA Topik Pemanasan Global. Jurnal Improvement. 8(2). 36 – 46.
Ramadhan., Sukma, E., Indriyani. (2019). Environtmental Education and Disater Mitigation Throughlanguage Learning. IOP Conf. Series: Earth and Environtmental Science 314. 012054 IOP Publishing doi: 10.1088/1755-1315/314/1/012054.
Published
2022-12-28
How to Cite
FITRI, Alfina Amara; 'AINI, Arifah Nur. Analisis Respon Mahasiswa IPA IAIN Ponorogo terhadap Pembelajaran Online Salingtemas Berbasis Proyek dalam Konteks Keterampilan Berpikir Kritis. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 190-199, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/687>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles