Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V A MIN 2 Ponorogo

  • Haliza Nur Laily Abidah IAIN PONOROGO
  • Agus Prayitno MIN 2 PONOROGO
  • Ulinnuha Nur Faizah

Abstract

Penggunaan model pembelajaran make a match atau kartu berpasangan merupakan salah satu alternatif yang digunakan dalam pembelajaran agar suasana pembelajaran menjadi lebih interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah siswa terlibat aktif dengan digunakannya model pembelajaran make a match dan untuk mengetahui kelebihan dalam penggunaan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran bahasa Inggris materi ordinal number di MIN 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Peneliti mendeskripsikan bagaimana penggunaan model pembelajaran make a match dan kelebihan penggunaan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi ordinal number kelas V A di MIN 2 Ponorogo. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa seluruh siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan menempelkan kartu yang diperoleh pada papan yang telah dipersiapkan dan hampir semua siswa kelas V A memperoleh nilai 100. Kelebihan dari penggunaan model pembelajaran make a match yaitu dapat merangsang siswa untuk terlibat aktif ketika belajar. Selain itu siswa kelas V A MIN 2 Ponorogo juga merasa senang, gembira, dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Andriado, I., Rahmatillah, H. Z., & Pebriana, D. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 Sd Negeri 03 Sambigede. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 3(1), 9. https://doi.org/10.17977/um021v3i1p9-15
Ayudia, Edi Suryanto, B. W. (2016). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA SMP. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 4(1), 35–49.
Dewa Nyoman Suprapta. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30199
Ermita. (2021). Make a-match : Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Hatta, M. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Makmur Sirait, P. A. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI, 1(3), 22. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
Nisrohah Neni Riyanti, M. H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD, 06(04), 440–450. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rosaliza, M. (2015). WAWANCARA, SEBUAH INTERAKSI KOMUNIKASI DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79. https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099
Sukerni, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make-a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Pengalamanku. Journal of Education Action Research, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23433
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.
Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005 Tentang Guru dan Dosen. (n.d.).
Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02
Winni Trinita Maulandhiyani, Elih Mulyana, D. N. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 05(02), 109–121. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.277
Yudi Wijanarko. (2017). Model Pembelajaran Make A Match. Jurnal Taman Cendekia, 01(01), 52–59.
Published
2022-12-28
How to Cite
ABIDAH, Haliza Nur Laily; PRAYITNO, Agus; FAIZAH, Ulinnuha Nur. Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V A MIN 2 Ponorogo. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 249-258, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/685>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles