Kajian Etnobotani Tradisi Temu Manten pada Pernikahan Adat Masyarakat Jawa di Daerah Dungus Madiun

  • Altytania Orchita Putri Mustakim IAIN Ponorogo
  • Irma Yunitasari IAIN Ponorogo
  • Multazimah Lidya Laasiliyah IAIN Ponorogo
  • Rukma Nofita Sari IAIN Ponorogo
  • Aify Zulfa Kamalia

Abstract

Tradisi merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang masih banyak dijumpai di kalangan masyarakat Indonesia. Setiap masyarakat di Indonesia mempunyai ciri khas budaya atau sebuah tradisi tersendiri salah satunya yaitu pada kehidupan di masyarakat Jawa. Salah satu tradisi yang masih dilestarikan dan masih dilakukan di Indonesia adalah tardisi temu manten. Tradisi temu manten mepunyai beberapa prosesi didalamnya, terdapat serangkaian prosesi yang di setiap langkah prosesi tersebut mempunyai nilai-nilai budaya dan makna filosofi yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menggali informasi mengenai tumbuhan yang digunakan dalam tradisi upacara temu manten pada masyarakat Jawa. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka atau studi literatur dari berbagai sumber yang telah relevan dan studi lapangan dengan melakukan obervasi, wawancara dan dokumentasi kepada narasumber yang dianggap paham mengenai tradisi temu manten. Hasil penelitian ini ditemukan ada 12 jenis tumbuhan pada upacara adat temu manten dalam pernikahan masyarakat Jawa. Jenis tumbuhan yang digunakan pada upacara adat temu manten pernikahan masyarakat Jawa tersebut adalah padi, pisang raja, kelapa hijau, kopi, daun sirih, bunga melati, bunga kantil, bunga kenanga, bunga sedap malam, bunga melati gambir, bunga mawar merah, dan bunga mawar putih.

References

1) Akhsan, E. F., Puspitorini, A., Usodoningtyas, S., & Faidah, M. 2022. Kajian Nilai-Nilai Budaya dalam Prosesi Temu Manten Adat Jawa di Kabupaten Kediri. e-Journal, 11(1), 12-23. Diunduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44398.
2) Ambarwati, A. P. A., & Mustika, I. L. 2018. Pernikahan Adat Jawa sebagai Salah Satu KekuatanBudaya Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia(SENASBASA), 2(2). Diunduh dari http://researchreport.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/2214.
3) Anggraini, T., Utami, dan Murningsih. 2018. Kajian Etnobotani Tumbuhan yang Digunakan pada Upacara Pernikahan Adat Jawa di Sekitar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Jurnal Biologi, Vol. 7 No. 3, Juli. Issn 2621-9824. Diunduh dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/biologi/article/view/22368.
4) Asikin, Alfian Rifqi. 2019. Tradisi Upacara Panggih dalam Pernikahan Adat Jawa Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Murtigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul). Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/286423203.pdf.
5) Aziz, S. 2017. Tradisi Pernikahan Adat Jawa Keraton Membentuk Keluarga Sakinah. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 15(1), 22-41. Diunduh dari http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/ibda/article/view/724.
6) Kamal, F. 2014. Perkawinan Adat Jawa dalam Kebudayaan Indonesia. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisatadan Budaya, 5(2).Diunduh dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/2427.
7) Kartika, Y. 2020. Pernikahan Adat Jawa pada Masyarakat Islam di Desa Kalidadi Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Diunduh dari http://repository.radenintan.ac.id/11289/.
8) Munirah, M. 2021. Tradisi Temu Manten pada Perkawinan Adat Jawa dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Sosial Keagamaan (Studi di Desa Triharjo Kabupaten Lampung Selatan) (Doctoral dissertation,UIN RadenIntan Lampung). Diunduh dari http://repository.radenintan.ac.id/12813/.
9) Rahayu, Rini Dwi. 2019. Studi Etnobotani pada Proses Ritual Adat Pernikahan Masyarakat Suku Sunda, Jawa, dan Bali di Desa Bumi Daya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Pendidikan Biologi. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Universitas Negeri Raden Intan Lampung. Diunduh dari http://repository.radenintan.ac.id/8789/.
10) Sari, Rosi Rosita. 2018. Religiusitas Tata Cara Temu Manten dalam Upacara Perkawinan Adat Jawa di Kabupaten Kediri. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas.
11) Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diunduh dari http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/989a41c6de20909ffa9fb7ea9fabcbf 5.pdf.
12) Yuniarti, D. I. A., & Sri Arfiah, S. H. 2013. Nilai-Nilai Religius yang Terkandung dalam Tradisi Temu Manten pada Upacara Perkawinan Adat Jawa (Studi Kasus di Dusun Tanduran Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri) (Doctorol dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Published
2022-12-28
How to Cite
PUTRI MUSTAKIM, Altytania Orchita et al. Kajian Etnobotani Tradisi Temu Manten pada Pernikahan Adat Masyarakat Jawa di Daerah Dungus Madiun. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 157-166, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/684>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles