PhET Simulation Sebagai Penunjang Pembelajaran IPA Secara Online Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Ditengah masa pandemi Covid-19 ini pemerintah memberlakukan Phisycal distancing dan pembatasan kegiatan diluar rumah untuk menanggulangi meluasnya penyebaran Covid-19. Pembelajarn secara online menjadi alternatif untuk terus melanjutkan proses pembelajaran. Pada pembelajaran secara online khususnya mata pelajaran IPA tidak bisa melakukan pembelajaran denga tepat. Hal ini dikarenakan pembelajaran IPA memerlukan praktikum. Maka untuk mengatasi hal tersebut perlu menggunakan media yang dapat menggantikan sementara. Salah satu media yang dapat digunakan adalah simulasi PhET. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan simulasi PhET sebagai media pembelajaran IPA secara online. kelebihan dari penggunaan simulasi PhET adalah dapat meningkatkat dan menstimulasi daya pikir pesrta didik. Kelemahan dari penggunaan simulasi adalah bergantung pada perangkat seperti laptop/komputer/android.
References
Rizaldi, Dedi Riyan. A. Wahab Jufri dan Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol 5 (1), 10-14.
Zahara, Syarifah Rita. Yusrizal dan Adi Rahwanto. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol 03 (1), 251-258.
Sumargo, Eko dan Leny Yuanita. (2014, Januari). Penerapan Media Laboratorium Virtual (PhET) Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education, Vol.3 (1), 119-133.
Sylviani, Sisilia. Fahmi Candra Permana dan Rio Guntur Utomo. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia, Vol. 2 (1), 1–10.
Ramadan, E M. Jumadi and D P Astuti. (2020). Application of e-handout based on PhET simulation to improve critical thinking skills and learning independence of high school students. The 5th International Seminar on Science Education Journal of Physics: Conference Series, 1-7.
Haryadi, R. H Pujiastuti. (2020). PhET simulation software-based learning to improve science process skills. International Conference on Mathematics and Science Education, 1-6.
Mahtari , S. M Wati, S Hartini, M Misbah and D Dewantara. (2020). The effectiveness of the student worksheet with PhET simulation used scaffolding question prompt. Journal of Physics: Conference Series, 1-5.
Yuafi, Muhammat Erwin Dasa. dan Endryansyah. (2015). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran PhET (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Titl Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di SMKN 7. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 04 (02), 407-414.
K, Rivo Alfarizi. M. Ricky Rifa’i dan Dinar Maftukh Fajar. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET Berbasis Virtual Lab Pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau Dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, Vol 1 (1)