Home Visit sebagai Jawaban Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

  • Devita Nurlia Syamsiana IAIN PONOROGO

Abstract

Covid-19 merupakan virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Hingga di Negara Indonesia juga telah terdeteksi adanya kasus positif Covid-19 sejak tanggal 2 Maret 2020 yaitu sebanyak 2 kasus. Hal tersebut telah diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo. Karena penyebaran Covid-19 yang sudah sangat luas, maka oleh WHO ditetapkan menjadi wabah pendemi dunia. Adanya pandemi Covid-19 ini, mengharuskan seluruh aktivitas yang biasanya dapat dilakukan di luar rumah, sekarang harus dilakukan dari rumah atau sering disebut dengan work from home (WFH). Sesuai dengan kebijakan pemerintah sedang diberlakukan, yaitu kebijakan social-distancing dan bahkan physical-distancing. Aktivitas yang biasanya dapat dilakukan di luar rumah, sekarang harus dilakukan dari rumah atau sering disebut dengan work from home (WFH). Selain berdampak pada pekerjaan juga sangat berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dapat dilakukan secara tatap muka harus dilakukan secara jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Adanya kebijakan baru ini tentunya menimbulkan beberapa kendala atau kesulitan belajar bagi peserta didik. Namun, karena pandemi Covid-19 tidak kunjung usai, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan baru agar pembelajaraan dapat dilakukan secara tatap muka dengan batasan anggota belajar dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pembelajaran ini dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke rumah untuk melakukan pembelajaran dengan pembagian kelompok-kelompok belajar tertentu. Pembelajaran dengan kunjungan rumah ini disebut dengan pembelajaran home visit. Pembelajaran ini dapat dilakukan di daerah atau wilayah yang terbebas dari zona merah atau orange pada penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran ini dirasa sangat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar di masa pandemi.

References

Arswimba, Bernardinus Agus. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Home Visit di SMP. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan 1, no. 2.
Budianti, Aisyah dan Puteri Ardina Melati. 2020. Implementasi Kunjungan Rumah Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Academica Journal of Multidiciplinary Studies. Vol. 4 No. 2.
Djamarah B. dan Aswan S.. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hallen. 2002. Bimbingan dan Konselling dalam Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia.
Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Jakarta.
Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta.
Mokodompit, Intan Safitri. 2020. Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2.
Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Purwanto Ngalim. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Roopnarine dan Johnson. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Suyono dan Hariyanto. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Syibromilisi. 2020. Strategi Belajar Sieq Melalui Home Visit di Masa Pandemi Covid-19 (Corona Virus Deases). Tsaqafatuna Vol 4, No 2.
Yaqien, Nurul. 2008. Esensialitas Home Visit dalam Pendidikan Madrasah. Vol 1 No. 1.
Yosefa, Ade.2021 Home Visit Method dalam Pembelajaran Luring di Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Musi Rawas. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Published
2021-12-23
How to Cite
SYAMSIANA, Devita Nurlia. Home Visit sebagai Jawaban Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 423-431, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/414>. Date accessed: 25 apr. 2024.