Pembelajaran Bermakna Sebagai Solusi Menghadapi Utopia Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19

  • Rizki Putri Asyari IAIN Ponorogo

Abstract

Pembelajaran daring merupakan dampak pandemi yang dirasakan para pelaku dunia pendidikan. Adanya pembelajaran daring dalam lingkup pendidikan era pandemi covid-19 ini merupakan utopia. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring itu sendiri masih mengorbankan atau mengesampingkan faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pembelajaran bermakna sebagai solusi dari utopia pembelajaran daring era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur/kepustakaan. Adapun referensi yang digunakan berasal dari buku, jurnal, skripsi, dan sumber relevan lainnya berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bermakna dapat menjadi solusi utopia pembelajaran daring era pandemi covid-19. Adapun pelaksanaannya setidaknya dengan memperhatikan enam hal penting yaitu menentukan tujuan pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik peserta didik, menentukan materi pelajaran yang akan diberikan, mengidentifikasi ciri-ciri pembelajaran bermakna, mempelajari prinsip teori pembelajaran bermakna, dan melakukan penilaian proses dari hasil belajar.

References

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4). 281−288.
Baharuddin, Ilham. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2). 79−88.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). 55−61.
Hamalik, Oemar. (2017). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handarini, Oktafia Ika. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). 496−503.
Hastini, L., Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informastika (JAMIKA), 10(1), 12−28.
Hetherington, E. Mavis & Ross D. Parke. (1979). Child Psychology: A Contemporary Viewpoint. New York: McGraw Hill.
Isti’adah, Feida Noorlaila. (2020). Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2021). Utopia. Diterima dari https://kbbi.web.id/utopia.
Kemendikbud RI. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kompas. (2021, Mei). Update Corona 1 Mei 2021: Kasus Positif Bertambah 4.512, Total Jadi 1.672.880. Diterima dari https://www.kompas.tv/article/170123/update-corona-1-mei-2021-kasus-positif-bertambah-4-512-total-jadi-1-672-880.
Lai, C.-C., Shih, T.-P., Ko, W.-C., Tang, H.-J., Hsueh, P.-R. (2020). Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and corona virus disease-2019 (COVID-19): the epidemic and the challenges. International Journal of Antimicrobial Agents, 55(3), 105924.
Lefudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Muamanah, Hidayatul. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna david Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). 160−180.
Nai, Firmina Angela. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Sleman: Deepublish.
Novalui, Feralys. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1). 45−67.
Okada, P., Buathong, R., Phuygun, S., Thanadachakul, T., Parnmen, S., Wongboot, W., Vachiraphan, A. (2020). Early transmission patterns of coronavirus disease 2019 (COVID-19) in travelers from Wuhan to Thailand, January 2020. Eurosurveillance, 25(8), 2000097.
Oktawirawan, Dwi Hardani. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541−544.
Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Sarnu Untung.
Rahmah, Nur. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Jurnal Al-Khwarizmi, Vol. 1. 43−48.
Rosana, Dadan. (2009). Instructional model of five domains of science using contextual approach to develop meaningful instruction. Jurnal Penelitan dan Evaluasi Pendidikan, 13(2). 268−285.
Rigianti, Henry Aditia. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2). 297−302.
Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah, dan Solusi. Indramayu: Adanu Abimata.
Sulianto, Joko. (tt). Teori Belajar Kognitif David Ausubel “Belajar Bermakna”, Zoltan P Dienes “Belajar Permainan”, Van Heille “Pengajaran Geometri”. IKIP PGRI Semarang.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati. (2020). Pengalaman Baik Pembelajaran di Rumah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 6 Semarang dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (¬e-book). Jakarta: Kemdikbud.
Setyo, Ajib. (2011). Pembelajaran Bermakna Berpendekatan SETS pada Pelajaran Biologi untuk Menumbuhkan Kepedulian terhadap Lingkungan. Jurnal Bioma, 1(2). 161−170.
Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak diterapkannya Social Distancing. Metalingua, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1). 31−34.
Tarmidzi. (2018). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 131−140.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Konsep, Landasan Teoretis – Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Utsman, Utsman. (2017). Validitas dan Reliabilitas Untuk Mengevaluasi Mutu Penelitian Kualitatif. 1−14.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(3), 227−238.
Published
2021-12-23
How to Cite
ASYARI, Rizki Putri. Pembelajaran Bermakna Sebagai Solusi Menghadapi Utopia Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 546-557, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/413>. Date accessed: 16 apr. 2024.