Penggunaan Video Pembelajaran dan Penerapan Sekolah Alam Dengan Bantuan Peran Aktif Orang Tua Sebagai Alternatif Pendidikan Selama Pandemi Covid-19

  • Wahdatul Fitria Ahfiani IAIN PONOROGO

Abstract

Menjadi bangsa yang maju dan dapat mengikuti segala perkembangan teknologi yang telah ada merupakan dambaan bagi seluruh negara. Untuk menuju kemajuan suatu bangsa atau negara tersebut maka perlu perlu adanya pendidikan yang memadai karena pendidikan merupakan salah satu factor utama yang mendukung kemajuan suatu negara. Sejak awal tahun 2020, sebagian daerah digemparkan oleh sebuah virus yang kemudian disebut sebagai Covid-19, seiring berkembangnya waktu virus tersebut mulai menyebar ke berbagai wilayah di belahan dunia. Sehingga menyebabkan pemerintah menerapkan kebijakan untuk melakukan proses pembelajaran dari rumah guna memutus mata rantai pentebaran virus Covid-19 ini. Karena semua orang diharuskan untuk dirumah saja dan melakukan kegiatan apapun baik bekerja maupun belajar dari rumah saja maka diterapkannya system daring (dalam jaringan). Dengan system pembelajraan yang dilakukan secara daring maka semua aspek baik dari tenaga pendidik, peserta didik maupun orang tua harus mampu berperan aktif guna lancarnya proses pembelajaran yang hendak dicapai. Inovasi yang digunakan guna menambak kelancara proses pembelajaran yaitu dengan penggunaan video pembelajran dan sekolah alam dengan bantuan peran aktif orang tua sebagai alternative pendidikan selama pandemic covid-19. Metode penelitian yang digunakansun artikel iki yaitu library reaserch dengan sumber data berupa bacaan-bacaan atau artikel, dokumen pemerintah, media massa, dan hasil penelitian yang relevan dengan topik yang dibahas.

References

Adisasongko, Nur. (2020). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. Seminar Nasional Pascasarjana 2020. (hlm. 829-834). Semarang: Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III, Semarang, 50237, Indonesia.
Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pancaran, 4(1), 55-68.
Agustini, Ketut dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62-78.
Basar, Afip Miftahul. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 208-218.
Faturohman, Nandang. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (hlm. 615-627). Universitas Sultan Agubg Tirtayasa.
Fitriani, Feni. (2020). Jurnal Respirologi Indonesia. Oficial Jurnal Of The Indonesian Society Of Respirology, 40(2), 119-129.
Fitriani, Nur Indah. (2020). Tinjauan Pustaka Covid-19: Virologi, Patogenesis, Dan Manifestasi Klinis. Jurnal Medika Malahayati, 4(3), 194-201
Hamdani, Ahmad. (2015). Sekolah Alam: Alternatif Pendidikan Ramah Anak. Jurnal HARKAT: Media Komunikasi Islam Tentang Gender Dan Anak, 11(1), 86-95.
Handarini, Oktafia Ika. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH)Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Hati, Silvia Tabah. Model Pendidikan Karakter Yang Baik Di Sekolah Alam. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan (hlm 1-32).
Iriansyah, Herianto Sidik. (2020). Membangun Kreativitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (hlm 1-6). STKIP Kusuma Negara.
Krismadika, Arwidana Putra. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 SD Al-Huda Wonogiri ( Skripsi ).
Maryati. (2007). Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains Yang Membebaskan dan Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. (hlm 179-189). Yogyakarta:Jurdik Kimia, FMIPA, UNY.
Mukti, Taufiq Satria dkk. (2020). Sekolah Alam: Evaluasi Program Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik dan Kinestetik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Insania, 25(1), 123-132.
Rachmawati, Yuanita dkk. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32-36.
Rahmi, Rina. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 30(2), 111-123.
Riyanto, Agus dkk. (2020). The Effectiveness Of Video As A Tutorial Learning Media In Muhadhoroh Subject. Jurnal Akademika, 9(2), 73-80.
Rohmah, Hamdiyatur. (2019). Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah Alam Insan Mulia, Menumbuhkan Life Skill Siswa. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper. (hlm 206-216). Fakultas Pendidikan Psikologi, Aula C1.
Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. Pendampingan Belajar Dari Rumah Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandong Kabupaten Kendal. Universitas Negeri Semarang.
Setiani, Mita dkk. (2021). Sekolah Alam Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Langkah Konkret Dalam Menghadapi Kesenjangan Digital Selama Pandemi Covid-19. Elementary Journal, 3(2), 68-78.
Suradika, Agus dkk. (2020). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An- Nizomiyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. (hlm. 1-10). Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K. H. Ahmad Dahlan, 15419.
Susilo, Adityo. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review Of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.
Wahidah, Ida dkk. (2020). Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat Dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 11(3), 179-188.
Yudianto, Arif.(2017). Penerapa Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017 (hlm. 234-237). Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Published
2021-12-23
How to Cite
AHFIANI, Wahdatul Fitria. Penggunaan Video Pembelajaran dan Penerapan Sekolah Alam Dengan Bantuan Peran Aktif Orang Tua Sebagai Alternatif Pendidikan Selama Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 511-523, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/412>. Date accessed: 26 apr. 2024.