Metode Home Visit Sebagai Pembimbingan Belajar di Masa Pandemi Bagi Anak Usia Dini Kelurahan Kepatihan Kecamatan Ponorogo
Abstract
Pembelajaran dari rumah sebagai kebijakan pemerintah pada masa pandemi mengakibatkan berbagai masalah tibul. Salah satunya pembelajaran pada Anak Usia Dini. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran anak usia dini berkonsep belajar sambil bermain yang dilakukan secara langsung, dan saat ini terpaksa pembelajaran dilakukan secara daring dari rumah. Pembelajaran dengan metode home visit sudah sering digunakan dalam personal pendidikan dan kesehatan. Pada saat ini metode pembelajaran home visit menjadi salah satu metode alternatif pembelajaran selama masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman dan rekomendasi kepada guru, orang tua, dan pemerintah terkait metode home visit sebagai metode alternatif bimbingan belajar yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Metode Aset Based Community Development (ABCD) menjadi metode penelitian yang digunakan. Berbekal beberapa informasi dan pertimbangan, peneliti melaksanakan kegiatan bimbingan belajar bagi anak usia dini Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Ponorogo dengan metode home visit. Kegiatan tersebut diterima dengan baik, semua peserta sangat antusias mengikuti setiap kegiatannya. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan selama kegiatan, pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar bagi anak usia dini di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Ponorogo bisa dikatakan berhasil.
References
Asmuni, Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7 (4): 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Ahmadi, dkk. 2021. "Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring Dari Rumah (KPM-DDR). Ponorogo: LPPM IAIN Ponorogo.
Fadlilah, Azizah Nurul. 2020. “Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 Melalui Publikasi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.
Falah, Darul, and Karangploso Malang. 2021. “Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 e-ISSN: 26556332” 3.
Harahap, Saripah Anum, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. 2021. “Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Anak Usia Dini Bagi Guru Dan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1825–36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.
Safriyani, Rizka, Elfa Wahyu Wakhidah, and Catur Supriyanto. 2021. “Online Learning Strategies During Covid-19 in an Early Childhood Education.” Musamus Journal of Primary Education 3 (2): 145–56. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3227.
Shofa, Mila Faila. 2020. “Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Buana Gender 5 (2): 85–96.
Sholeh, Abdul. 2021. “Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid – 19.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 5 (1): 80–89. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5155.
Suhendro, Eko. 2020. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5 (September): 133–40. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394.
Wijayanti, Resti Mia, and Puji Yanti Fauziah. 2020. “Perspektif Dan Peran Orangtua Dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 Di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1304–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.