Peran Orang Tua dalam Menerapkan Bimbingan Belajar Online dari Rumah Masa Pandemi Covid-19

  • Riana Widiyawati IAIN Ponorogo

Abstract

Indonesia sejak Maret 2020 dilanda musibah berupa virus Covid-19 yang menewaskan ribuan jiwa. Virus Covid-19 ini mengakibatkan orang yang terpapar mengalami berbagai keadaan. Umumnya, virus Covid-19 menyerang saluran pernafasan yang akan mengakibatkan penderita mengalami sesak nafas dan berujung kepada kematian. Untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini, pemerintah memberlakukan aturan bahwa semua kegiatan dilakukan dari rumah termasuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dari rumah secara online adalah kegiatan pembelajaran yang tidak bertatap muka langsung dengan guru, melainkan melakukan komunikasi demngan memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan adanya pembelajaran online, mewajibkan orang tua untuk berperan penting dalam membantu proses pembelajaran anak selama di rumah. Penelitian ini menggunakan metode library research dimana merupakan metode yang mengumpulkan berbagai referensi dari jurnal maupun buku kemudian menelaah bahan-bahan penelitian tersebut dan dituangkan dalam deskripsi. Orang tua dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting bagi anaknya. Orang tua berperan untuk mengawasi, memfasilitasi, maupun memberikan motivasi kepada anak. Orang tua juga harus kreatif dalam tugas membimbing anak ketika pembelajaran berlangsung agar anak tidak cepat bosan. Pendampingan orang tua akan membantu anak tidak merasa sendiri, merasa percaya diri, dan merasa diperhatikan. Perasaan nyaman dan diperhatikan yang dirasakan anak akan menjadi awal belajar yang baik dan menumbuhkan motivasi belajar anak.

References

Batoebara Maria Ulfa, dan Hasugian Buyung Solihin. 2021. Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring. 15 (1). Diunduh dari http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/1058/945
Cahyati Nika, dan Kusumah Rita. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4 (1). Diunduh dari https://e- journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203
Devi Nourma Ulva Kumala. 2020. Adaptasi Pranata Keluarga pada Proses Pembelajaran E- Learning dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan & Sosial, 2 (2). Diunduh dari https://ejournal.upm.ac.id/index.php/public/article/download/599/598
Erzad Azizah Maulina. 2017. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. Jurnal Thufula, 5 (2). Diunduh dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/3483/2440
Fauzi Muhammad. 2020. Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Ibrah, 2 (2). Diunduh dari https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/104
Hakim Lutfi. 2020. Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18 (2). Diunduh dari http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/download/3583/2551
Hayati Arifia Sabila. 2020. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Jurnal Tasyri’, 27 (2). Diunduh dari http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3552
Iftitah Selfi Lailiyatul, dan Anawaty Mardiyana Faridhatul. 2020. Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah selama Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education, 4 (2). Diunduh dari https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/256
Laana L. Darwis. 2021. Parents’ Solutions In Increasing Children’s Learning Interest Online During The Covid-19 Pandemic. Inculco Journal of Cristian Education, 1 (1). Diunduh dari http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/download/16/8
Lilawati Agustien. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1). Diunduh dari https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/630
Lutfiah Siti Zakiyatul. 2020. Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Article, 2 (2). Diunduh dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/download/554/340
Mastoah Imas, dan MS Zulaela. 2020. Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar pada Masa Covid-19 di Kota Serang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). Diunduh dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/download/3663/2744/
Miftakhi Diah Rina, dan Ardiansah Feri. 2020. Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah secara Online. Journal of Education and Instruction, 3 (2). Diunduh dari https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/1726
Nursyaidah. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. Forum Paedagogik Edisi Khusus Juli-Desember. Diunduh dari http://jurnal.iain- padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/download/446/418
Sutikno Nonny Rulisty Putri. 2020. Peran Penting Orang Tua dalam Pembelajaran Daring dengan Metode Talk & Listen untuk Siswa Sekolah Menengah di Masa Pandemi. Isolec Proceedings. Diunduh dari http://isolec.um.ac.id/proceeding/index.php/issn/article/view/5
Susanti Lemi, dkk. 2020. Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, 3 (3). Diunduh dari https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/download/835/565/2591
Syarifuddin Ahmad. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Ta’dib, 16 (1). Diunduh dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/57/52
Umar Munirwan. 2015. Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1 (1). Diunduh dari https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/315
Wardhani Tsaniya Zahra Yuthika, dan Krisnani Hetty. 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-
19. Prosding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (1). Diunduh dari http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/28256
Wati Puput Dwi Cahya Ambar, dan Ridlo Ilham Akhsanu. 2020. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes, 8 (1). Diunduh dari https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/download/10106/10223
Yunitasari Ria, dan Hanifah Umi. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3). Diunduh dari https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/142
Published
2021-12-23
How to Cite
WIDIYAWATI, Riana. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Bimbingan Belajar Online dari Rumah Masa Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 558-568, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/407>. Date accessed: 19 apr. 2024.