Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kesulitan Pemahaman Materi IPA SMP Saat Daring
Abstract
Pandemi covid 19 membawa dampak besar dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka diharuskan untuk dilakukan melalui daring. Hal ini menuntut guru untuk menata kembali model dan media pembelajaran yang akan digunakan. Model discovery learning adalah cara belajar memahami konsep, arti, hubungan melalui proses intuitif hingga sampai pada sebuah kesimpulan. Prinsip belajar discovery learning adalah peserta didik akan diberi rangsangan berupa pertanyaan maupun uraian masalah sehingga peserta didik akan didorong untuk berfikir, mencari informasi kemudian mengkonstruk pemahamannya. Penggunaan model discovery learning dalam video pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi pada mata pelajaran IPA SMP. Penggunaan video pembelajaran dimaksudkan agar memudahkan guru maupun siswa saat pembelajaran daring masa pandemi sekarang ini. Kajian ini membahas mengenai permasalahan yang dialami peserta didik dalam mempelajari materi IPA saat pembelajaran daring dan video pembelajaran sebagai salah satu media yang dapat digunakan saat pembelajaran daring masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah library research, yaitu dengan menelaah beberapa literature dan jurnal terkait video pembelajaran yang berbasis model discovery learning.
References
Achsin. 1986. Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Ujung Pandang : IKIP Ujung Pandang.
Anonim. 2010. Hakekat Pembelajaran IPA. www.kemdiknas.co.id. Diunduh tanggal 25 Desember 2012. Anderson. 1983. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta. Universitas Terbuka.
Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara Azhar Arsyad 2005. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Pontianak : Alfabeta.
Alfabeta Nurkancana & Sunartana. 1992. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional. Prili M. P. B. .2012. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas 1 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Manado. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(2). (270-280)
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroyo Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116–137. Retrieved from http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/ view/584
Candiasa, I Made. 2004. Statistika Multivariat dilengkapi Aplikasi SPSS. Singaraja : Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja. Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja : Unit Penerbitan Undiksha Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Cimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students’ Views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61–71. https://doi.org/10.5897/ERR11.205
Dongsong Zhang, Lina Zhou , Robert O. Briggs, and Jay F. Nunamaker Jr.2005. Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. USA : Elsevier Exline. 2004. Planning and producing Instructional Media. New York. Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.
Dewi, S. R., Nurmilawati, M., & Budiretnani, D. A. (2017). Improving of scientific literacy ability using discovery learning model at the seventh grade students of state JHS 3 Ngronggot, Nganjuk-Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(3), 266– 271. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4597
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Druckman, D., & Ebner, N. (2017). Discovery learning in management education : design and case analysis. Journal of Manajement Education, 0(0), 1–28. https://doi.org/10.1177/1052562917720710
Fitri, M., & Derlina. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5130
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Sofiyullah, Nanang. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Materi dan Soal Sebagai Suplemen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Ipa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rahmayani, Aprilia. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2) 246-253.
Rosyidi, A. M. (2017). Model dan strategi. Jurnal Diklat Teknis, 5, 100–111.
Handayani, dkk. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan Sains Indonesia. 9(2) 217-233.
Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2) 100-104.
Khamidah, N., Winarto, Mustikasari, V.R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87-99.
Nugrahana, Andi. 2020. Hambatan, solusi, dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi covid 19 oleh guru sekolah dasar. Depok: Jurnal Pendidikan dan kebudayaan.
Wabula, dkk. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan, biologi, dan terapan. 5(1) 29-41.
Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (1) 21-28.
Mardiana. 2021. Identifikasi Hambatan-Hambatan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Dasar (publish skripsi). Program studi pendidikan Guru Sekolah dasar Universias Jambi, Jambi.
Tamba, Rionaldo. Pengembangan Media Video Berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi gerak lurus. Jurnal ikatan aluni Fisika universitas negeri Medan. 6 (2) 42-46.
S.D. Siregar., dkk. Media Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(2) 120-125.
Sudatha, dkk. 2020. Pengelolaan sumber belajar digital untuk meningkatkan pembelajaran daring. Buleleng: UNDIKSHA.
Hamzah, U.2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta : Bumi Aksara. Hee Jun Choi and Scott D.Johnson .2005. The Effect of Context-Based Video Instruction on Learning and Motivation in Online Courses. The American Journal of Distance Education (19) 4, 215-227 Heinich, R. 1982. Instructional Media and The New Technology of instruction. New York : John Wilyes&son. Karti S. dkk. 1995. Teknologi Pembelajaran. Surabaya : SIC Surabaya Kemp & Dayton. 1985. Planning and producing Instructional Media. New York.
Montgomery, D.C.2001. Design and Analysis of Experiment. Fith Edition. New York : John Wiley & Sons Munir, 2012. Multimedia Konsep& Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung.
Novita L. 2009. Pengaruh Penggunaan Multimedia VCD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran IPS. Tesis diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia Rasyid, H dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : CV Wacana Prima Ridwan. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Sadirman. 2005. Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group. Sudjana. N .1990. Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru Bandung e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014)
Tomo et. al. 1997. Peranan Strategi Mengajar Perubahan Konseptual Model CLIS Yang Didasari Konstruktivisme Dalam Pengajaran IPA di SMU. Laporan Penelitian : Depdikbud. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta. Pedagogja Suriasumantri, J.S. 1982. Filsafat Ilmu. Jakarta : Sinar Harapan.
William S. Harwood, Maureen M. McMahon. 1997 Effects of Integrated Video Media on Student Achievement and Attitudes in High School
V., Rwambiwa, J., & Mamvuto, A. (2013). Using educational media and technology in teaching and learning processes: A case of trainee teachers at Africa University. Academic Research International, 4(1). Retrieved from http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.4(1)/2013(4.1-30).pdf
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 18. Retrieved from https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/viewFile/3659/2560
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3, 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
Supriyanto, B. (2014). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa 99 165–167. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/753
Wahjudi, E. (2015). Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.24929/fkip.v5i1.242
Wardani, S., Mudzalipah, I., & Hidayat, E. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk memfasilitasi belajar mandiri mahasiswa pada mata kuliah kapita selekta matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 167–177. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.7
Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran IPA bagi peserta didik visual impairment di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 9–23. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/510