Kendala Orang Tua Siswa dalam Mendampingi Pembelajaran Jarak Jauh

  • Riska Tri Utami IAIN Ponorogo

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, mulai dari ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Dalam dunia pendidikan yang terkena dampak adalah semua tingkatannya, yaitu TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi. Hal ini memunculkan kebijakan baru mengenai perubahan kurikulum dan sistem pendidikan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Salah satu alternatif yang dipilih adalah pelaksaan pembelajaran jarak jauh. Dukungan dari orang tua dapat meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar di rumah. Namun berseberangan dengan hal tersebut orang tua justru merasa terbebani dengan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan mengalami berbagai kendala dalam mengarahkan anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kesulitan yang dihadapi oleh orang tua dalam mendampingi pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 1 Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Ditemukan beberapa kendala yang dialami oleh orang tua yaitu kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi yang berkaitan dengan tugas anak, kesulitan membangun kebiasaan belajar yang baik bagi anak, kesulitan membagi waktu untuk bekerja dan mendampingi anak belajar serta kesulitan akses internet.

References

Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol. 7 No. 5 hlm. 395-402.
Depdikbud. (2012). Permendikbud No. 24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Juh pada Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdikbud. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Efendi, Didik. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Model Distance Learning di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 5 No. 1 hlm. 54-66.
Fransiska. (2020). Peran Orang Tua dalam Kegiatan Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 1 hlm. 15-27.
Handayani, Diah, dkk. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, Vol. 40 No. 2 hlm. 119-129.
Hijriyani, Yuli Salis. (2020). Pelatihan Hypnoparenting untuk Meningkatkan Motivasi Orang Tua dalam Membimbing Pembelajaran Online Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Perdikan: Jurnal of Community Engagement, Vol. 2 No. 2 hlm.104-110.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id pada tanggal 3 Mei 2021.
Palupi, Tri Nathalia. (2021). Tingkat Stres Ibu dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. JP3SDM, Vol. 10 No. 1 hlm. 36-48.
Pratiwi, Ni Kadek Santya. (2018) Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 1 hlm. 83-91.
Prawiyogi, Anggy Giri, dkk. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, hlm. 94-101.
Siahaan, Matdio. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, Edisi Khusus No. 1 hlm. 1-3.
Sopian, Ahmad. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 1 No. 1 hlm. 88-97.
Susilo, Adityo, dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol.7 No.1 hlm. 45-67.
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 hlm. 29-37.
Umar, Munirwan. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol. 1 No. 1 hlm. 20-28.
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wardani, Anita & Ayriza, Yulia. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 1 hlm. 772-782.
Widianto, Edi. (2015). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, Vol. 2 No. 1 hlm. 31-39.
Yestiani, Dea Kiki & Zahwa, Nabila. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 1 hlm. 41-47.
Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Published
2021-12-24
How to Cite
UTAMI, Riska Tri. Kendala Orang Tua Siswa dalam Mendampingi Pembelajaran Jarak Jauh. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 432-440, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/403>. Date accessed: 26 apr. 2024.