Viper (Video Pembelajaran) Sebagai Upaya Meningkatkan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19

  • Ersa Amalia Putri IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly

Abstract

Pembelajran daring merupakan solusi yang dilakukan dalam era pandemi covid-19. Berbagai hambatan telah di alami peserta didik dalam pembelajaran darin ini salah satunya adalah menurunya semangat peserta didik dalam proses belajar. Salah satu solusi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan video pembelajaran yang menarik dan inovatif yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Video pembelajaran merupakan media paling efektif dalam pembelajran daring. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengtahui manfaat video pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metdoe survey dengam memberikan kuisioner melalui google form kepada 10 peserta didik SMPN 2 Nawangan. Hasil dari penelitian ini adalah video pembelajaran dapat mengatasi berbagai hambatan yang di alamai peserta didik selama pembelajaran daring berlangsung.

References

Achrudin, Dkk. (2013). Peningkatan Aktivitas Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAND Di Sertai Video Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Jaten, Universitas sebelas Maret, No. 1, Vol. 5, Jurnal Pendidikan Biologi.
Agustiningsih, (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jember, No. 1, Vol. 4.
Akhmad B , Dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon, Institut Agama Islam Negeri , No. 1, Vol. 3, Jurnal Pendidikan Guru Mi.
Andri, A. (2020). Hambatan, Solusi, Dan Harapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, No. 10, Vol. 3, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Anindya Wati. (2013). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya, Universitas Negeri Surabya, No. 1, Vol. 1 Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Arif, Y. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Arina Y , Dkk. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Klasifikasi Hewan Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Smp, Universitas Negeri Semarang, No. 1, Vol. 3, Jurnal Pendidikan Biologi.
Aziz Wahyu R, Dkk. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Tentang Bioteknologi Proses Pembuatan Tempe Kelas XII Di SMAN 1 Grati Pasuruan, Universitas Negeri Surabaya, No. 3, Vol. 5, Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016).. Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, No.2 Vol.1, 47–66.
Elva, N. (2020). Membangun Kreatifitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Riau.

Fechera , B, Dkk. (2012). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Video Prinsip-Prinsip Dan Alat Ukur Listrik Dan Elektronika, Universitas Riau.
Fitria , Dkk. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga, Universitas Negeri Semarang, No. 1, Vol. 2, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.
Ihsanuddin. (2020, Maret 3). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. (K. Erdianto, Editor) Dipetik Maret 27, 2021, dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap- kasus- pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all
Nina, T. (2020). Video Refrensi Sebagai Upaya Pembelajaran Animasi 3D Di Tengan Pandemi Covid-19, SMK Negeri 3 Kasihan, No. 1, Vol. 5, Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016) Inofasi Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.
Nizamia Learning Center.

Nugroho, R. S. (2020, Februari 12). Ini Alasan WHO Memberi Nama Resmi Covid-19 untuk Virus Corona. Dipetik Juni 26,2020, dari Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/12/063200865/ini-alasan-who- memberi-nama-resmi-covid-19-untuk-virus-corona?page=all
Rizal F , Dkk. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Dapat di akses pada http://eprints.umsida.ac.id/1267/

Sri riani, Dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatan Pemahaman Materi Bioteknologi Modern Siswa Kelas XII SMA, Universitas Muhammadiyah Malang, No. 1, Vol. 1, Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia.
Tasmalina, Dkk. (2018). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatopyta Di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2015/2016, No. 01, Vol. 1, Jurnal Pendidikan Biologi, Sains, Dan Teknologi.

UNNES. (n.d.). Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran. Diakses pada tanggal 30 maret 2021, from https://sites.google.com/a/students.unnes.ac.id/pus/page- 1/tujuan-penggunaan-media- pembelajaran
Yendrita. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi, Stikip Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh, No. 1, Vol. 2, Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains.
Published
2021-12-23
How to Cite
PUTRI, Ersa Amalia; FADLY, Wirawan. Viper (Video Pembelajaran) Sebagai Upaya Meningkatkan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 370-377, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/398>. Date accessed: 26 apr. 2024.