Dampak Perkuliahan Daring dalam Pembiasaan Budaya Kemahasiswaan bagi Mahasiswa Baru di IAIN Ponorogo

  • Zumrotun Nisairrosyidah IAIN Ponorogo

Abstract

Pada tahun 2020 lalu, pandemi virus covid-19 masuk ke Indonesia tepatnya pada bulan Maret. Hal itu berdampak pada banyak aspek kehidupan masyarakat Indonesia termasuk seluruh civitas akademik. Memasuki semester ganjil pada paruh tahun 2020, pemerintah merilis keputusan tentang kurikulum yang mengatur segala hal terkait dengan pendidikan daring yang dimuat dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Hal tersebut menjadi pedoman kebiasaan dan budaya pendidikan baru yang tentunya secara otomatis mengubah subjek pendidikan itu sendiri. Peserta didik atau mahasiswa merupakan subjek pendidikan di tingkat institusi. Oleh karena itu, peneliti menggali lebih dalam tentang apa saja perubahan yang terjadi akibat dampak dari diterapkannya pendidikan daring khususnya di IAIN Ponorogo. Metode yang dipakai dalam penelitian kali ini merupakan metode kuantitatif dengan sumber data dari angket atau kuisioner yang diisi langsung oleh mahasiswa IAIN Ponorogo. Hal tersebut dilakukan peneliti agar dapat menganalisis dan tentunya memperbaiki dampak yang muncul pada dunia pendidikan setelah penerapan pendidikan daring.

References

Ali Sadikin dan Afreni Hamidah (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2). 214-224
Andri Anugrahana (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3). 282-289
Lusty Septi Muharomi. 2012. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Komunikasi dan Konsep Diri dengan Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Baru (Summary Skripsi)
Matdio dan Siahaan (2019). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. Edisi Khusus (1). 1-3
Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Palopo.
Novi Yuni Mayangsari dan Septi Budi Sartika (2021). Profil Guru SD dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 6(2)
Nur Asiyah (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Indonesia. 2(2). 108-121
Nurul Lailatul dan Lukam Hakim (2019).Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring : Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 17(1). 19-33
Salma Rahma, Sinung Khoirot, Sawitri, dan Nurjanah (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh pada masa Covid-19 di SMK Muhamadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan. 30(1). 53-58
Sir John Daniel (2020). Education and The COVID-19 pandemic. https://doi.org/10/1007/s11125-020-09464-3. 49. 91-96
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Wahyu Aji Fatma Dewi (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1). 55-61
Yosef Antonius dan Soebijantoro (2019). Akulturasi Budaya Mahasiswa dalam Pergaulan Sosial di Kampus (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Madiun). Jurnal Agastya. 9(1)
Yulita Pujilestari (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Adalah : Buletin Hukum dan Keadilan. 4(1)
Published
2021-12-23
How to Cite
NISAIRROSYIDAH, Zumrotun. Dampak Perkuliahan Daring dalam Pembiasaan Budaya Kemahasiswaan bagi Mahasiswa Baru di IAIN Ponorogo. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 633-646, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/396>. Date accessed: 03 july 2024.