Persepsi Guru SMP/MTsN di Kecamatan Pilangkenceng Terhadap Pembelajaran dari Rumah Dikala Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan informasi terkait persepsi guru mengenai tantangan pelaksanaan pembelajaran daring akibat dampak dari pandemi COVID-19. Informasi didapatkan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan 6 orang informan dari 3 sekolah SMP/MTs di Kec.Pilangkenceng yaitu dengan 2 perwakilan dari setiap populasi (sekolah SMP/MTs). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan proses pengambilan data secara wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa pembelajaran daring kurang cocok diterapkan pada siswa SMP/MTs di Kecamatan Pilangkenceng. Pembelajaran daring dirasa kurang maksimal dan banyak peserta didik yang acuh dan tidak perduli pada pembelajaran daring. Pembelajaran daring mejadikan tujuan dari pembelajaran tidak tersampaikan secara sepenuhnya, metode dan strategi yang digunakan juga terbatas. Masih kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung pembejaran daring, ditambah lagi kurangnya pengawasan dari orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kurangnya semangat belajar dari peserta didik sehingga mmebuat pembejaran terasa bosan dan sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar peserta didik. Pembelajaran daring merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi seorang pendidik. Selain itu dengan adanya pembelajaran daring membawa dampak positif bagi pendidik yaitu secara tidak langsung dapat menambah IPTEKĀ yang dimiliki oleh seorang pendidik.
References
Assidiqi, Muhammad Hasbi dan Woro Sumarni. 2020. Pemanfaatan Platrorm Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pscasarjana UNNES.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15-23.
Putri, R. N. (2020). Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705-709.
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setyorini, In. 2020. Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?. Jurnal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR). Vol 01. No 01.
Arifin, M. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan. GUEPEDIA.
Fitri, S. E. (2020). Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Sistem Eksresi Manusia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Di Man 5 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Yusuf, M. (1982). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Darmadi, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Ahmadi, Abu. dan Nur Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II Pasal 3 (Jakarta: Mitama Utama, 2003), 8
M.Shabi U. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik, Jurnal Auladuna, VOL 2 NO 2. Makasar: UIN Alauddin Makasar.
Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.
Retnoningsih. A. Suharso. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang, Widya Karya.
Bimo, Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.