Miniatur Tata Surya dari Limbah Kertas Sebagai Inovasi Pendidikan Daring

  • Intan Brilyanti Sugiono IAIN PONOROGO

Abstract

Pada awal tahun 2020 lalu, dunia  tengah  dihadapkan  pada  persoalan baru tentang wabah  penyakit  yang  melumpuhkan  hampir seluruh negara di dunia tanpa terkecuali, termasuk salah satunya negara kita yaitu Indonesia. Upaya pemerintah dalam menghentikan laju penyebaran Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap beberapa  sektor  negara,  termasuk  didalamnya  yaitu pendidikan. Larangan diadakannya luring dan proses pemberlakuan daring, memunculkan pertanyaan akan  keefektifannya  dalam  mengelola  pendidikan.  Berawal  dari  hal  itu muncullah Inovasi pendidikan yang merupakan salah satu alternatif baru dalam kondisi seperti  sekarang  ini,  inovasi dilakukan  dalam  berbagai  bidang  salah  satunya  dalam pengolahan limbah kertas untuk pembuatan miniatur tata surya dalam pembelajaran Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam.

References

Ahmad Alifa Rasyida. PEMANFAATAN HASIL PENGOLAHAN LIMBAH KERTAS PADA PRODUK TAS DENGAN TEKNIK PAPER FOLDING. Program Studi
Sarjana Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i. 7(5), 395 – 402.
Ananda, Tahkta Akrama, dkk. 2016. Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya. Universitas Tanjungpura. Jurnal Sistem Teknologi dan Informasi (JUSTIN). Vol. 4, No.1.
Deddynggenggo, dkk. 2015. PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 3D TATA SURYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR SANGIRA. STMIK Bina Mulia. Jurnal Elektronik Informasi dan Komputer. Vol. 1, No. 1.
Fitria Dewi. Dkk. 2018. Pengaruh Handicraft Terhadap Motorik Halus Anak. Jurnal Tarbiyah. Vol. 25. No. 2.
Faturohman Nandang. 2020. Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid–19. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 3. No. 1.
Gunarto, Arief, dkk (2008). Pemanfaatan Limbah Kertas Koran Untuk Pembuatan Panel Pappercrete. Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM. Yogyakarta.
Junaidi Much. 2018. PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH KERTAS MENJADI PRODUK KREATIF DI BANK SAMPAH RUKUN SANTOSO. Universitas
Muhammadiyah Surakarta. : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Volume 01. No. 2.
Masri Mahrizal. 2018. Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless. Journal of Electrical Technology,Vol. 3, No.3.
Muljaningsih, Sri. 2008. Membuat Kertas Daur Ulang Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Puspa Swara.
Rachmawati Novia, dkk. 2014. “ANGBI PENCASE” KOTAK PENSIL ANGRY BIRD BERBAHAN DASAR LIMBAH KERTAS. Surabaya : UNESA. Journal of Chemistry Vol. 3, No. 2.
Retnoningsih Endang. 2016. Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (CBI). Bekasi Program Studi Sistem Informasi; STMIK Bina Insani. BINA INSANI ICT JOURNAL, l.3,
Setiawan Rizky, ddk. 2019. EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DALAM INOVASI PENDIDIKAN ERA INDUSTRI 4.0 PADA MATA KULIAH TEORI TES
KLASIK. Yogyakarta : Universitas IVET Semarang . Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 6, No. 2.
Susilo, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia.
Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. Jurnal Adalah : Buletin Hukum Dan Keadilan. 4(1), 115-120.
Tohironi Muhammad. 2018. Pemanfaatan Hasil Limbah Kertas Pada Tugas Mata Kuliah Praktik Desain Komunikasi Visual.Universitas Bina Nusantara. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa. Volume 2. Nomor 3.
Wahyono Sri. 2001. Pengelolaan Sampah Kertas Di Indonesia. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol. 2 No. 3.
Wakhidah Idaf, dkk. 2020. Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Bandung : Prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP UIN Sunan Gunung Djati. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), Vol. 11 No. 3.
Yantoro, dkk. 2021. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Vol. 7, No. 1. D
Yunus, N. R., Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. 7(3), 227-238.
Yohandoyo. 2012. Daur Ulang Kertas untuk Hobi dan Bisnis. Yogyakarta: Kasinius.
Zurnawita. 2013. Perancangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Flash. ISSN: 2085-6989. Padang: Jurnal Elektro Vol.5 No.2 Desember 2013:47-53.
Published
2021-12-23
How to Cite
SUGIONO, Intan Brilyanti. Miniatur Tata Surya dari Limbah Kertas Sebagai Inovasi Pendidikan Daring. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 486-497, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/394>. Date accessed: 22 dec. 2024.