Permasalahan, Solusi, dan Harapan Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19 dari Mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo

  • Silvia Nazahatul Shima IAIN Ponorogo

Abstract

Covid-19 atau Coronavirus Disease 2019 merupakan suatu penyakit yang diakibatkan dari virus yang bernama SARS-CoV-2, yaitu virus terkini dari family virus corona yang tersebar melewati hewan serta selanjutnya dapat menjangkit siapa pun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring, persepsi mahasiswa terkait solusi yang diberikan oleh IAIN Ponorogo, serta mengetahui harapan mahasiswa mengenai pembelajran daring di IAIN Ponorogo supaya dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teknik pengambilan data survei melalui platform google form. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian permasalahan yang dialami mahasiswa diantaranya adalah boros dalam penggunaan kuota, harga paket data yang terbilang mahal, kualitas sinyal yang buruk, smartphone lemot atau penyimpanan telah penuh, lebih sulit memahami materi, banyak kegiatan lain di rumah, sering terjadi pemadaman listrik, dan sulit dalam membagi waktu (manajemen waktu). Solusi yang diberikan oleh IAIN Ponorogo untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa didaapatkan hasil lebih banyak responden mengaku tidak merasa terbantu dengan adanya solusi tersebut. Harapan yang ditulis oleh mahasiswa meliputi mengenai dosen, diberikan bantuan kuota untuk menunjang proses pembelajaran, dan berharap pandemi segera berakhir untuk melaksanakan perkuliahan secara luring. 

References

Akhmad, Nur Amaliah. 2020. Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Di Prodi Biologi STKIP Makassar. Jurnal Pendidikan Fisiska dan Terapannya, 3 (2), 4.
Anselm Strauss dan Juliet Corbin. 2013. Dasar – Dasar Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anugraha, Andri. 2020. Hamabtan, Solusi, dan Harapan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 2.
Argheni, Niken Bayu. 2020. Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya,8 (2), 6.
CNN Indonesia. (2020, Maret). 4 Aplikasi Video Conference Yang Irit dan Boros Data. Diterima dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasi-video-conference-yang-irit-dan-boros-data
Dewantara, Jagad Aditya. 2020. Efektivitas Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRi Yogyakarta. Jurnal Basicedu,5 (1), 5.
Handarini, Oktafia Ika dan Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8 (3), 3.
Harapani, Aprilia. 2020. Pengaruh Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Mahasiswa. Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.
Hariyanti, Dewi , Arianal Haq, dan Nurul Hidayat. 2020. Identifikasi Hambatan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. 1 (1), 2.
Hidayat, Muhammad Taufik, Wahid Hasim, dan Amir Hamzah. 2020. Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran?. Prodi Pendidikan Bahasa Iggris: Institut Pendidikan Indonesia.
Hutaruk, Agusmanto dan Ropinus Sidabutar. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualitatif Deskriptif. SERPEN: Journal of Mathematics Education And Applied, 2 (1), 6.
Mustofa, Mokhammad Ikil dkk. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi dan Informasi, 1 (2), 4.
Pradipta, Jaka dan Ahmad Muslim Nazaruddin. 2020. Antipanik! Buku Panduan Virus Corona. Jakarta: Gramedia.
Rasyida, Hikma. 2020. Efektivitas Kuliah Daring Di Tengah Pandemik. Jurnal Edukasi, 1 (1), 5.
Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmian Pendidikan Biologi, 6 (2), 5.
Shihab, M. Quraish. 2020. Corona Ujian Tuhan Sikap Muslim Menghadapinya.Tangerang Selatan: Penerbit Lentera Hati.
Sudaryo. 2019. Metode Penelitian Survei Online Dengen Google Forms. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Suprijono, Agus. 2020. Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal.Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Widiyono, Aan. 2020. Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan, 8 (2), 6.
Zhafira, Nabila Hilmy, dkk. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4 (1), 4.
Published
2021-12-23
How to Cite
SHIMA, Silvia Nazahatul. Permasalahan, Solusi, dan Harapan Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19 dari Mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 611-621, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/391>. Date accessed: 03 july 2024.