Eksplorisasi Terhadap Implementasi Kurikulum Darurat di MTs Darul Huda Mayak pada Masa Pandemi Covid-19

  • Tomi Tomi IAIN Ponorogo

Abstract

Proses pembelajaran telah disusun dan direncanakan oleh guru, namun dengan adanya pandemi ini membuat guru harus menyesuaikan kondisi yang ada dan mengikuti anjuran dari pemerintah. Pemerintah menghimbau kepada seluruh lembaga pendidikan atau sekolah untuk menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh atau yang lebih kita kenal dengan pembelajaran dalam jaringan (Daring). Kurikulum darurat hadir sebagai opsi kebijakan pendidikan bagi sekolah agar seluruh peserta didik terpenuhi akan hak pendidikanya. Sekolah lues untuk menerapkan kurikulum darurat yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Semua kesepakatan dan ketetapan dalam pembelajaran selama pandemi telah diserahkan sepenuhnya kepada sekolah. Sekolah dapat menyesuaikan kondisi yang ada sesuai konteks yang dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keadaan lembaga serta pencarian data terakit implementasi kurikulum darurat di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Metode penelitian ini merupakan metode survey dengan menggunakan angket yang disebar kepada seluruh guru mata pelajaran IPA di MTs Darul Huda Mayak. Analisis dokumen terkait pelaksanaan kurikulum darurat covid-19 juga dilakukan. MTs Darul Huda Mayak telah menggunakan kurikulum darurat sesuia yang dianjurkan pemerintah pada proses pembelajaran. Pada dasarnya tanggapan dari partisipan tersebut menerima dengan baik apa yang telah dirancang oleh pemerintah termasujk kurikulum darurat masa pandemi ini.

References

Abrasi Sarah Arani Nuri. 2020. Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMP YA BAKII 1 Kesugihan Cilacap Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Ansori Aan dan Ahmad Fitriyadi Sari. 2020. Inovasi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara. Vol.1 No.2 Desember 2020. (Banten : UIN Banten). hal.135-136.
Jusuf Rahmathias, dan Asri Maaku. 2020. Kurikulum Darurat Covid-19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 2 Nomor 2020. 155- 170.
KMA Nomer 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.
Mokodompit Intan Safitri. 2020. Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Desember 2020 : 119-131.
Munajim Ahmad, dkk. 2020. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat.
WIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol.4 No.2 (2020). 285-291.
Permendikbud Nomor 22 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Permendikbud Nomor 23 Tahum 2016 tentang standar penilaian.
Rahmawati Septiana. 2021. “Efektifitas Kurikulum Darurat Covid-19 Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro”. Skripsi. UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Published
2021-12-23
How to Cite
TOMI, Tomi. Eksplorisasi Terhadap Implementasi Kurikulum Darurat di MTs Darul Huda Mayak pada Masa Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 622-632, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/389>. Date accessed: 24 apr. 2024.