Belajar Bersama Alam Sekitar Guna Memahamkan Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19

  • Yuantifa Emy Mayuni Yuantifa

Abstract

Pembelajaran IPA adalah pembelajaran secara umum yang membahas tentang alam serta peristiwa yang ada di dalamnya. Kegiatan pembelajaran IPA sekarang masa pandemi ini sangat berpengaruh pada peserta didik. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan di dalam kelas tapi untuk masa pandemi Covid-19 ini tidak bisa dilakukan kembali. Peserta didik mengeluh dengan adanya kondisi saat ini karena mereka merasa kesusahan dan kurang faham dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, khususnya pada materi fisika dan kimia dalam berhitung dan biologi yang menghafalkan banyak materi. Bukan hanya berdampak pada pemahaman masin-masing peserta didik tetapi juga berpengaruh pada karakteristik peserta didik yang pada awalnya bersemangat mengikuti pembelajaran harus menjadi malas mengikuti pembelajaran daring belum lagi mereka banyak yang kesulitan signal dan kuota yang terbatas. Itulah yang memicu timbulnya perubahan perubahan pada setiap individu. Maka dari itu, sebaiknya perlu adanya sesuatu yang baru dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara menggunakan media alam atau lingkungan sekitar rumah untuk di jadikan sebagai sumber pembelajaran dan menuntut peserta didik untuk lebih faham dari apa yang mereka amati dan juga lakukan . Tujuan adanya rangkaian tulisan ini adalah untuk membahas dan mengetahui  pengaruh adanya masa Pandemi Covid-19 terhadap kefektifitasan pembelajaran ilmu pengetahuan alamp peserta didik serta pengaruh terhadap kurikulum pemerintah.

References

Rochanah.. Lingkungan Alam Sebagai Media PembelajaranUntuk Mengenalkan Kekuasaan Allah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Almawaddah Kudus. IAIN Kudus Jurnal Elementary Vol.6 No. 1. 2018 Diunduh dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/viewFile/3617/pdf
Ekantini, Anita. Efektifitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 5, Nomor 2, November 2020 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794. 2020. Diunduh dari http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/3511/1889/
Julismin. Alam, Sumber Belajar yang Tidak Pernah Habis. Jurnal Geografi. Vol.1 No. 1 Agustus. 2009. Diunduh dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/viewFile/6366/5581.
Yulia, Betty. W. Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 Juli 2017. Diunduh dari http://journal.umpo.ac.id/998ea026-7287-4893-bb0d-6a3ce628a061
Muzria M. dkk, Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif Online, Vol. 5 No. 3 ISSN 2354-614X . 2017. Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/297191854.pdf
Fauziah, nadia., Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak, PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakartajurnall Ilmiah, VISI P2TK PAUD NI - Vol. 8, No.1. 2013 (https://media.neliti.com/media/publications/260128-penggunaan-media-bahan-alam-untuk-mening-5b843004.pdf)
Utaminingsih, Retno . PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI LABORATORIUM ALAM PADA PEMBELAJARAN IPA SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 2, Nomor 1, September 2015, hlm. 215-220. Di unduh dari https://media.neliti.com/media/publications/259106-pemanfaatan-lingkungan-sebagai-laborator-697b485a.pdf
Andriani, Litia, PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI. SKRIPSI. Program studi pendidikan guru sekolah dasar jurusan pendidikan anak usia dini dan dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi. Jambi : Universitas Jambi, 2021. Di Unduh dari https://repository.unja.ac.id/19295/5/SKRIPSI_FULL_LITIAANDRIANI.pdf .
Nur Baeti, Susi. SKRIPSI PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA DI ALAM TERBUKA KELAS V SD NEGERI 2 BANJARREJO BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO LAMPUNG. 2020 .
Retna Furi, Dwita. SKRIPSI STRATEGI GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG. 2020. Di unduh dari http://repository.radenintan.ac.id/12298/1/COVER_BAB1-2_DAPUS.pdf
Gambar 01. Pandemi ajarkan kita belajar di alam di unduh dari https://images.app.goo.gl/1ncH2vaQ34o5tFqZ6
Gambar 02. Alat Praga Jantung diunduh dari https://images.app.goo.gl/ZGitBYcAQVT5QSY68
Gambar 03. Alat Praga Fisika Pompa Hidrolik di unduh dari https://images.app.goo.gl/iJkUrPS6EBF7Gru2A
Gambar 04. Kolase daun di unduh dari
https://images.app.goo.gl/NHqNFDFHnrPjFxyu6
Gambar 05. Game edukasi di unduh dari
https://images.app.goo.gl/K3gRJDWihyAQuaHK7
Published
2021-12-23
How to Cite
MAYUNI, Yuantifa Emy. Belajar Bersama Alam Sekitar Guna Memahamkan Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 458-474, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/387>. Date accessed: 19 apr. 2024.