Pengembangan Pembelajaran Speaking Berbasis Teori Translanguaging Menggunakan Aplikasi English for Kid

  • Tintin Susilawati IAIN Ponorogo

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak di Indonesia belum menunjukkan hasil yang memuaskan meskipun pembelajaran tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 1994. Esensi utama dari belajar bahasa Inggris  adalah pembelajar pemula mampu menggunakan bahasa ini secara komunikatif. Kenyataan secara umum menunjukkan pembelajaran bahasa Inggris tingkat dasar di Indonesia lebih menitik beratkan untuk membangun pengetahuan bahasa Inggris daripada kemampuan untuk berkomunikasi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengembangan pembelajaran speaking berbantu aplikasi English for kid dengan  menekankan pada aspek multilingualism dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran materi yang otentik dikemas melalui aplikasi ini sedangkan guru secara aktif membangun atmosfer komunikatif siswa dengan menekankan penggunaan bahasa Inggris didukung oleh bahasa daerah dan bahasa ibu sehingga penguasaan isi menjadi lebih efektif dan komprehensif. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan teori translanguaging dalam belajar bahasa di Indonesia sangatlah sesuai karena Indonesia adalah negara multilingual. Selain menguatkan penguasaan pembelajar pemula akan bahasa Inggris, juga dapat menjadi alternatif untuk melestarikan bahasa lokal dan bahasa ibu di negaranya sendiri, Indonesia.

References

Anwar, W.P., & Salija, K. (2019). Exploring Translanguaging: An Approach to Teaching and Learning English as Foreign Language of Bone Islamic University Context. UNM.
Brewster, J., Ellis, G., and Girard, D. 2007.The Primary English Teacher’s Guide. Essex: Pearson Education.
Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language.
Liana, Wahyudin, & Hanoum.(2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Hello
English” Berbasis Smartphone Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMP (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kadipaten). Edutcehnologia, Vol.2, No. 2.
Nikoopour & Farsani, (2011). English Language Teaching Material Development. Journal of Language and Translation. Vol. 2, No. 2.
Nugroho, Yungga Adityatama (2019). Translanguaging: Teacher's Perception and Practice toward a Better Approach In Language Education. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Pedagogy (2nd Ed.). New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Rabbidge. M.(2019). The Effects of Translanguaging on Participation in EFL Classrooms. The Journal of Asia TEFL Vol.16, No.IV.
Rerung. (2017). Reflecting translanguaging in classroom practices: a case study. Journal of English Language and Culture , Vol. 7, No. 1.
Sukarno. (2008). Teaching English To Young Learners And Factors To Consider in Designing The Materials. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol.5, No.1.
Published
2021-12-23
How to Cite
SUSILAWATI, Tintin. Pengembangan Pembelajaran Speaking Berbasis Teori Translanguaging Menggunakan Aplikasi English for Kid. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 345-352, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/350>. Date accessed: 19 apr. 2024.