Analisis Buku Ajar Siswa SMP Pada Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan Berdasarkan Pendekatan Saintifik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dari salah satu buku teks ilmu pengetahuan alam kelas IX SMP pada materi reproduksi tumbuhan terhadap salah satu pendekatan dalam pendidikan, yaitu pendekatan, yaitu pendekatan saintifik (saintific approach). Selanjutnya menyelaraskan isi buku teks tersebut dengan sintaks atau metode pembelajaran dengan kurikulum 2013. Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan memilih buku ajar. Adapun tahapan kedua, yaitu pengambilan dan penetapan sampel. Tahapan ketiga dalam penelitian ini adalah menganalisis kesesuaian isi buku teks tersebut dengan pendekatan saintifik dan tahapan terakhir, yakni menarik kesimpulan sesuai dengan hasil analisis yang ditemukan dan selanjutnya dituangkan dalam laporan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan buku ajar atau buku teks yang diteliti layak digunakan. Tugas maupun materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dan mencangkup seluruh aspek pendekatan saintifik.
References
Agnafia, Desi Nuzul. (2021). “Profil Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Dasar II”. Jurnal Pendidikan Modern. 26-23
Darmawan, Jon. 2013. Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri untukMeningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI). Program Studi Pendidikan IPA, PPs Unsyiah.
Daryanto, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fatimah, Siti (2020), “Pengembangan Instrumen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Sistem Penyimpanan Arsip Sistem Abjad,Kronologis, Geografis, Nomor dan Subjek Dijurusan OTKP SMKN 1 Bojonegoro”. Jurnal administrasi perkantoran (JPAP). Vol. 8 No. 2. 2020.
Fitri, Jesica Anggela (2021). “Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Semester II Kurikulum 2013 Terbitan Erlangga Berdasarkan Pendekatan Saintifik”. Jurnal Didactial Mathematics. Vo. 3 No. 2, Oktober 2021.
Hanifah, N. (2019). Persepsi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian berbasis HOTS. Laporan Hasil Penelitian UPI Kampus Sumedang . tidak diterbitkan.
Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.
Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.
Kemdikbud. (2018). Permendikbud RI No. 35 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan tentang kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta.
Kivunja, Charles. (2015). Teaching Student to Learn and to Work Well with 21 Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education. 4(1): 2-11.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purjiyanta, Eka. (2018). “Analisis Buku Ipa Smp Kurikulum 2013: Representasi Komponen Penilaian Keterampilan Dalam Meningkatkan Keterampilan Generik”. Prosiding seminar nasional pendidikan IPA ke-X, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. November 2018.
Rahmah, Siti. (2019). “Analisis Buku Ajar IPA SMP Kelas VIII Berdasarkan PadaLiterasi Lingkungan”. Jurnal Pillar of Physics Education. Vol. 12 No. 3. 2019.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.