Analisis Karakter Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana
Abstract
Penelitian ini sebagai tolak ukur untuk mengetahui karakter siswa terhadap
kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan pesawat sederhana
pada proses pembelajaran IPA kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Ngawi.
Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes tulis serta tes
wawancara. Hasil analisis penelitian ini menggambarkan bahwa faktor yang
paling utama mempengaruhi kepribadian siswa adalah lingkungan, keluarga,
guru, dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini
sebesar 20 peserta didik yang dipilih secara purposive sampling kelas VIII
SMP Muhammadiyah 5 Ngawi tahun pelajaran 2021/2022. Analisis survei
penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan
problem menggunakan kriteria tinggi pada indikator pelaksanaan strategi
sebesar 21,10%, sedangkan tiga indikator lainnya mengalami peningkatan
menggunakan kategori sedang yaitu memahami persoalan sebesar
18,70%,merencanakan strategi sebesar 15,40%, serta menyelidiki hasil yang
diperoleh sebesar 5,60%.
References
Komariyah, Kokom. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polda Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX Di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas NegeriYogyakarta.
Nurita, T., et. Al. 2017. Problem-Solving Ability Of Science Student In Optical Wave
Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 6(2) (2017) 341-345
Permendikbud No 21. 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Permendikbud No 81 A. 2013. Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta
Rufaida, S., Sujiono, E. H. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas IX IPA MAN 2 Model Makasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 2 (2) (2013) 161-
168
Seels, B. B. & Richey, R. 1994. Instruct-ional Technology : the Definition and Domains of The Field. Wa-shington D.C.. AECT
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Teori dan Praktik. Jakarta : Indeks Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidik-an Nasional.
Wiyani, A. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.