Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar

  • Marathus Sholikhah STKIP Modern Ngawi
  • Anis Zahrotin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP kelas VII pada materi Klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kunatitatif.Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII E di Mts N 8 Ngawi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes essay berdasarkan analisis kemampuan berpikir kritis siswa dan non tesnya berupa angket kuisioner yang terdiri dari 30 pernyataan berdasarkan indikator motivasi belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil didapatkan pada aspek motivasi belajar tinggi menunjukan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi yaitu sebanyak 68%. Sedangkan pada aspek motivasi belajar sedang didapatkan presentase 55,3% dengan aspek kemampuan berpikir kritis sedang, dan pada aspek motivasi belajar rendah didapatkan presentase sebanyak 6,1% dengan kemampuan berpikir kritis sangat rendah.

References

Agnafia,D.N (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea, 6(6),45-53.
B.Uno, Hamzah. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Cahyono, B.(2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalaha ditinjau perbedaan gender. Aksioma,8(1),50.
Facione, P.A. (1990). Critical thinking: a statement of expert consensus for purpose of educational assesment and intruction, research finfings and recomenndations. Californis : California State University, Fullerton.
Finken dan Ennis. 1993. Illinois critical thinking essay test, illinoiscritical thinking project departement of educational policy studies university of illinois,(on line)
(http://www.criticalthinking net/IIICTEssayTestFinken-Ennis 12-1993LowR.pdf
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020).Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid - 19. Jurnal hasil penelitian dan kajian kepustakaan di bidang pendidikan, pengajaran dan pemebelajaran, 6(2),165-175. Jurnal Kependidikan: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Nugraha, Arief Juang, dkk.2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. JPE 6 (1).
Santrock, john w.(2008). Psikologi pendidikan.jakarta : pernanda media group
Supriani, Y., Giyanti, & Hadi, T. S. (2020).Conjecturing Ability Dalam Pembelaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Matematika, 2(2), 161–169.
Yunita, Neneng.dkk.2018. Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif volume 1, No.3
Published
2021-12-23
How to Cite
SHOLIKHAH, Marathus; ZAHROTIN, Anis. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 587-593, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/341>. Date accessed: 20 apr. 2024.