Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Gerak Parabola SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi gerak parabola. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil MAN 3 Bojonegoro dengan jumlah 30 sisswa. Matode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan observasi. Dari daata suatu penelitian didapat dengan tes tertulis berupa instrumen 5 butir soall uraian dengan membuat pertanyaan seperti permasalahan pada kehidupan sehar-hari terkait materi gerak parabola, kemudian dikaitan dengan indikator menurut polya(1973). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah mencapai persentase 45,4% untuk indikator memahami masalah, persentase 53,1% untuk indikator membuat rencana, persentase 54,5% untuk indikator melaksanakan rencana dan persentase 67,7% untuk indikator memeriksa kembali. Sehingga didapatkan hasil dengan tingkat kemampuan memecahkan suatu masalah normal sebesar 54,5%. Aturan tergantung pada kapasitas untuk menangani masalah yang telah ditentukan oleh ahli, kemudian, pada saat itu, persentase tersebut merupakan termasuk kedalam kategori kurang. Hal ini karena pemahaman siswa yang masih tergolong kurang dalam latihan pertanyaan tingkat kesulitan tinggi dan kurangnya pemahaman ide-ide ilmu fisika.
References
TIMSS. (2015). TIMSS. Retrieved Januari 13, 2018, from TIMSS: www.iea.ml/timss
PISA. (2015). PISA 2015 Result in Focus. PISA , 1-16
Polya, (1973). Solve Princeton: Princeton University G. How To It. Press.
https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf
Netriwati. 2016. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung”
Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa padapembelajaran gerak lurus. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan fisika.
Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling.
Sagala, N. L., Rahmatsyah, & Simanjuntak, M. P. (2017). The Influence of Problem Based Learning Model on Scientific Process Skill and Problem Solving Ability of Student. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR –JRM)