Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Gerak Parabola SMA

  • Dera Alvinda DR STKIP MODERN NGAWI
  • Anis Zahrotin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi gerak parabola. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil MAN 3 Bojonegoro dengan jumlah 30 sisswa. Matode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan observasi. Dari daata suatu penelitian didapat  dengan  tes  tertulis  berupa  instrumen  5 butir soall uraian  dengan membuat  pertanyaan  seperti permasalahan  pada kehidupan sehar-hari terkait materi gerak parabola, kemudian dikaitan dengan indikator menurut polya(1973).  Hasil  penelitian  menunjukkan kemampuan untuk  memecahkan suatu  masalah  mencapai persentase  45,4%  untuk  indikator  memahami  masalah, persentase 53,1% untuk indikator membuat rencana, persentase 54,5% untuk indikator melaksanakan rencana dan persentase 67,7% untuk indikator memeriksa kembali. Sehingga didapatkan hasil dengan tingkat kemampuan memecahkan suatu masalah  normal sebesar 54,5%. Aturan tergantung pada kapasitas untuk menangani masalah yang telah ditentukan oleh ahli, kemudian, pada saat itu, persentase tersebut merupakan termasuk kedalam kategori kurang. Hal ini karena pemahaman siswa yang masih tergolong kurang dalam latihan pertanyaan tingkat kesulitan tinggi dan kurangnya pemahaman ide-ide ilmu fisika.

References

Aisyah, P. N., Khasanah, S. umi N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)]
TIMSS. (2015). TIMSS. Retrieved Januari 13, 2018, from TIMSS: www.iea.ml/timss
PISA. (2015). PISA 2015 Result in Focus. PISA , 1-16
Polya, (1973). Solve Princeton: Princeton University G. How To It. Press.
https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf
Netriwati. 2016. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung”
Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa padapembelajaran gerak lurus. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan fisika.
Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling.
Sagala, N. L., Rahmatsyah, & Simanjuntak, M. P. (2017). The Influence of Problem Based Learning Model on Scientific Process Skill and Problem Solving Ability of Student. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR –JRM)
Published
2021-12-23
How to Cite
DR, Dera Alvinda; ZAHROTIN, Anis. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Gerak Parabola SMA. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 575-580, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/337>. Date accessed: 22 dec. 2024.