Analisis Buku Ajar IPA SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan Ditinjau dari Aspek Literasi Sains

  • Linda Budi Safitri STKIP MODERN NGAWI
  • Arifian Dimas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji buku ajar IPA SMP pada materi pencemaran lingkungan ditinjau dari aspek literasi sains. Jenis penelitian deskriptif yaitu menganalisis dengan mendeskripsikan. Buku ajar IPA SMP kelas VII semester 2 pada materi pencemaran lingkungan yang berjumlah dua buku ajar dan merupakan  buku kurikulum 2013 menjadi Objek penelitian ini. Peneliti menggunakan buku IPA SMP kelas VII semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dan buku IPA TERPADU SMP kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan selembar kertas berisikan indikator literasi sains menurut Chiappetta,dkk (1991). Hasil analisis dari kedua buku ajar menunjukan bahwa didalam kedua buku ajar sudah memuat literasi sains yang cukup baik dan rata-ratanya hanya selisih 5 persen. Buku IPA TERPADU SMP Kelas VII Kurikulum 2013 versi terbaru 2016 justru lebih cocok untuk meningkatkan literasi sains siswa.

References

Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains dalam Ku-rikulum dan Pembelajaran IPA SMP. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Lit- erasi Sains”. Surabaya. 20 Desember 2014.
Arininingrum, Tri Retnani. (2013). Analisis Literasi Ilmiah Buku Teks PelajaranBiologi SMA. Skripsi Sarjana pada Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang: dipublikasikan
Asrizal., Festiyed., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan. 1: 1-8.
Asyhari, Ardian & Hartati, Risa. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni’. 04 (2): 179-191.
Chiappetta, E.L, Fillman, D.A, dan Sethna, G.H.(1991). AMethod to Quantify Major Themes of Scientific Literacyin Science Textbooks.Journal of research in science teaching. 28, (8), 713-725.
Daryanto, Karim Syaiful(2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta.
Pannen, P. dan Purwanto. 2001. Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas, Pusat Pengembangan Aktivitas Akademik Universitas Terbuka
Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sandi, M. (2013). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Skripsi: Tidak diterbitkan.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
V.K. Sally, dkk. (2017). IPA TERPADU SMP Kelas VII. Jakarta Timur. Yudhistira.
Widodo, Wahono and Rachmadiarti, Fida and Hidayati, Siti Nurul (2017) Ilmu pengetahuan alam SMP/MTs Kelas VII semester 2. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786024270001
Published
2021-12-23
How to Cite
SAFITRI, Linda Budi; DIMAS, Arifian. Analisis Buku Ajar IPA SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan Ditinjau dari Aspek Literasi Sains. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 581-586, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/336>. Date accessed: 22 dec. 2024.