Inovasi Media Pembelajaran Linktree dan Evaluasi Quizizz pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP

  • M. Naqqi Imani
  • Rizka Oktaviyanti
  • Vicky Akhlan Romdhoni Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dengan memanfaatkan website Linktree dan juga evaluasi melalui Quizizz, (2) untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran Linktree dan evaluasi Quizizz sebagai sarana media belajar peserta didik, dan juga (3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Linktree dan evaluasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII/SMP. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4D, yaitu define, design, development, dan disseminate. Website Linktree yang biasanya sering digunakan sebagai platform e-commerce, kami mencoba untuk memanfaatkan sebagai media pembelajaran, yang di dalamnya juga terdapat penilaian atau evaluasi yang menggunakan aplikasi Quizizz. Media pembelajaran yang telah dibuat kemudian divalidasi kepada tiga dosen untuk memvalidasi dari aspek tampilan, materi, dan kebahasaan. Kritik dan saran dari para validator akan digunakan oleh penulis untuk membuat media pembelajaran yang nantinya layak digunakan baik oleh guru atau pun peserta didik. Hasil penelitian ini kemudian akan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptik kuantitatif. Hasil dari validasi media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran Linktree dan evaluasi melalui Quizizz yang telah dibuat layak untuk digunakan.

References

Darman. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran IPA Kelas VII. Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK), 2(2), 1-14. https://doi.org/10.51454/instek.v2i2.100
Januarisman, Erwin, dan Ghufron, Anik. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 167-182.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8019
Kurniawan dan Sinta. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). http://core.ac.uk
Pratama, I Putu Budi Yoga, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Website pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIIIB Semester Genap di SMP Negeri 1 Negara. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, (2)1.
http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3581
Sukmawati, dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Web untuk Pembelajaran IPA Fisika Kelas VII SMP Negeri 2 Barembo Kabupaten Bone. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 12(2), 102-116.
https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2163
Supriyono, K., & Sugirin, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran membaca bahasa inggris smp berbasis web. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 49-64.
Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2459/2045
Surjono, H. D. (2013). Membangun Course elearning Berbasis Moodle (2rd ed). Yogyakarta: UNY Press.
Thiagarajan, Sivasailan., Semmel, Dorothy S., & Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington: National Center for Improvement of Educational.
Published
2021-12-22
How to Cite
IMANI, M. Naqqi; OKTAVIYANTI, Rizka; ROMDHONI, Vicky Akhlan. Inovasi Media Pembelajaran Linktree dan Evaluasi Quizizz pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 222-231, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/325>. Date accessed: 22 dec. 2024.