Profil Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMPN 1 Balong

  • Alfina Amara Fitri
  • Lita Ratna Palupi IAIN PONOROGO
  • Aziza Karenina

Abstract

ABSTRACT
Bahan ajar dan perangkat pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. pentingnya pemanfaatan bahan ajar dan perangkat pembelajaran ini dikarenakan bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum dan karakter siswa, dan berperan dalam proses pemecahan masalah pembelajaran. Penelitian ini merupakan hasil analisis bahan ajar dan perangkat pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 1 Balong berdasarkan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memiliki aspek: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Prosedur penelitian dimulai dari menganalisis bahan ajar dan perangkat pembelajaran menggunakan aspek pendekatan saintififk. Analisis bahan ajar dan perangkat pembelajaran dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Balong. Persentase hasil analisis bahan ajar dan perangkat pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persentase tertinggi bahan ajar yaitu pada aspek mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, sedangkan terendah pada aspek mengamati dan menanya; 2) persentase tertinggi perangkat pembelajaran pada aspek mengamati, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan, sedangkan terendah pada aspek menanya dan mengasosiasi; 3) penyusunan perangkat pembelajaran beluum memenuhi prinsip pendekatan saintifik dengan persentase kurang dari 80%.

References

Ambarsari, Desi. (2016). Peningktakan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Prestasi Belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. ( 2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Ghozali, Imam. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik Vol. 04 No. 01. Probolinggo: MI NU Sunan Ampel.
Santi, Dewi dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Kadikma Vol. 6 No. 1. Jember: Universitas Jember.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional Vol. 5 No. 3. Malang: SMPN 1 malang.
Published
2021-12-23
How to Cite
FITRI, Alfina Amara; PALUPI, Lita Ratna; KARENINA, Aziza. Profil Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMPN 1 Balong. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 301-306, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/305>. Date accessed: 03 july 2024.